H+1 Idul Adha, Nyaris 350 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta Ilustrasi - Operasi penyekatan arus mudik untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19 di Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung. ANTARA/HO- Hutama Karya.

Merahputih.com - PT Jasa Marga mencatat sebanyak 331.216 kendaraan menuju Jakarta pada H+1 atau Sabtu 1 Agustus dan H+2 Idul Adha 1441 H atau Minggu 2 Agustus 2020.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) yang menuju Jakarta dari beberapa Gerbang Tol (GT) utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama serta GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Baca Juga

Pilkada Serentak di Tengah Pandemi COVID-19, Politik Uang Subur atau Hilang?

"Total volume lalin yang menuju Jakarta ini naik 18,8 persen dibandingkan dengan lalin normal," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/8).

Jika dirinci, lalu lintas menuju Jakarta dari arah Timur, yaitu di GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 92.013 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 36,0 persen dari lalin normal.

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/asf/foc/15.
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/asf/foc/15.

Kemudian di GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 89.666 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 30,6 persen dari lalin normal.

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 181.679 kendaraan, naik sebesar 33,3 persen dari lalin normal.

"Lalin menuju Jakarta dari arah Barat adalah sebesar 69.665 kendaraan, turun sebesar 8,8 persen dari lalin normal. Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan sebanyak 79.872 kendaraan, naik sebesar 20,7 persen dari lalin normal," katanya.

Baca Juga

Mengaku Senasib dengan Gibran, Ini Cerita I Made Kembang dari Jembrana

Dia mengatakan, pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan tol yang belum kembali ke Jakarta agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Para pengendara diminta bisa memastikan kendaraan maupun dirinya dalam keadaan prima, serta mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menuci tangan, dan jaga jarak saat berada di tempat istirahat dan pelayanan atau rest area. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH