Gus Ipul-Puti Siap Perkuat Nawacita Jokowi Saifullah Yusuf mengambil surat keputusan rekomendasi pencalonan di Pilgub Jawa Timur bersama Puti di Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Rabu (10/1). (Dok. Istimewa)

MerahPutih.com - Pasangan calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno menegaskan siap memperkuat Nawacita milik Presiden Joko Widodo melalui penyusunan program pemerintahan provinsi setempat.

"Nawacita dari Pak Jokowi adalah inspirasi Gus Ipul dan saya, bahkan kami telah menyusun program pemerintahan," ujar Puti seperti dilansir Antara, Rabu (7/3).

Cucu Presiden pertama itu berkomitmen, jika dirinya dan Gus Ipul terpilih mendapat amanah pemerintahan maka akan membumikan pelaksanaan Nawacita di Jawa Timur.

Ia mengaku telah menyerahkan dokumen visi-misi ke KPU Jawa Timur, sebelum keduanya disahkan sebagai pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur yang di dalamnya juga tertuang janji kerja dan program-program unggulan.

Dokumen visi-misi tersebut berjudul 'Perubahan Berkelanjutan Menuju Jawa Timur Makmur', dengan mengangkat semboyan 'Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur'.

Di antara program tersebut, kata dia, adalah pendidikan gratis bagi siswa SMA/SMK ditambah pemberian bea siswa bagi siswa tidak mampu sekaligus bentuk mengawal pendidikan 12 tahun agar bisa dinikmati tuntas oleh seluruh pelajar.

Selain itu, mantan anggota DPR tersebut juga tak berhenti mempromosikan program 'Seribu Dewi' atau seribu desa wisata dengan alasan provinsi di bagian timur Jawa ini kaya potensi wisata.

"Desain desa wisata akan terhubung dengan pusat-pusat kemajuan di sektornya sehingga desa wisata akan melahirkan pertumbuhan ekonomi baru," kata Puti.

Tak itu saja, sejumlah program lainnya telah menjadi disiapkan seperti konsep "Tebar Jala" (Pusat Ekonomi Baru Jalur Selatan), termasuk "Satria Madura" (Satu Triliun Rupiah untuk Masyarakat Madura), serta program-program lainnya.

"Di Madura anggarannya Rp1 triliun, digabungkan dengan anggaran yang telah diberikan di era sekarang, total APBD Jatim yang akan mengalir ke Pulau Garam itu mencapai Rp2,7 triliun," ujarnya.

Pilkada Jatim yang akan digelar 27 Juni 2018 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni mantan Mensos Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak yang dikenal sebagai Bupati Trenggalek dengan nomor urut satu, dan Gus Ipul-Puti Guntur nomor urut dua.

Pasangan nomor satu merupakan calon dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem, sedangkan pasangan nomor dua adalah calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS serta Gerindra. (*)

Baca juga berita terkait di: Risma Kenalkan Puti Guntur Soekarno pada Warga Surabaya



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH