Guru Besar UIN: Nilai-nilai Pancasila Harus Dibumikan Guru Besar Sosiologi Agama UIN Syarif Hidayatulah, Prof. Dr. Bambang Pranowo, MA. (Foto Ist)

MerahPutih.com - Pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat belum berjalan baik. Untuk itu perlu membumikan Pancasila yang mengandung nilai-nilai luhur bangsa dan agama ke dalam kehidupan masyarakat.

“Nilai-nilai Pancasila itu harus dibumikan untuk memperkuat pemahaman dan pengamalannya di masyarakat. Artinya lima sila yang ada di Pancasila harus diwujudkan dalam kehidupan masyarakat,” ujar Guru Besar Sosiologi Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulah, Jakarta, Prof. Dr. Bambang Pranowo, MA, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Merahputih.com, Rabu (4/10).

Pancasila sebagai ideologi bangsa yang didalamnya mengandung nilai-nilai luhur bangsa dan agama terbukti mampu menyatukan berbagai keragaman di Indonesia. Namun itu belum cukup untuk membawa Indonesia menjadi negara yang aman, tentram, adil, dan makmur. Terbukti masih ada upaya-upaya untuk menggusur Pancasila sebagai dasar negara yang dilakukan pihak-pihak tertentu.

Ia menegaskan bila sila-sila Pancasila itu belum terwujud, jangan berharap Indonesia bisa menjadi negara yang damai, adil, dan makmur. Ia mencontohkan sila kelima yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Indonesia.

“Adanya komunitas yang ingin mengganti Pancasila itu karena merasa keadilan belum terwujud. Di mana pun kalau keadilan tidak terwujud, pasti akan mengundang masalah,” tukasnya.

Salah satu contoh, lanjut Bambang, di Australia, bila ada bangunan bertingkat yang tidak bisa dimasuki orang yang menggunakan kursi roda, dipastikan tidak akan mendapatkan izin. Artinya, semua aspek kehidupan harus adil dan berperikemanusiaan.

“Maunya Pancasila itu dibegitukan. Sekarang malah banyak orang menuduh orang lain tidak Pancasila, tapi dia sendiri malah korupsi,” jelas Bambang. (*)


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH