Kesehatan Mental
'Guru Air Mata' Sebut Menangis Cara Ampuh Redakan Stres Seorang pria asal Jepang yang dijuluki 'guru air mata' mengajak para masyarakat untuk menangis, karena dinilai bisa meredakan stres (Foto: pixabay/stocksnap)

TIDAK ada salahnya menangis. Meneteskan air mata mampu redakan stres dan membuat hidupmu lebih bahagia. Hal ini disampaikan seseorang yang menyebut dirinya 'guru air mata' bernama Hidefumi Yoshida. Dalam bahasa Jepang guru air mata disebut namida sensei.

Seperti yang dilansir dari laman odditycentral, Orang Jepang termasuk yang paling kecil kemungkinannya dari semua negara untuk menangis, dan beberapa orang mengatakan, bahwa ada stigma seputar tangisan di negara Asia.

Baca juga:

Kecerdasan Emosional Mampu Atasi Stres Kerja

Namun, menurut Yoshida, orang jepang awalnya memiliki kecenderungan untuk mudah menangis, namun itu semua berubah pada titik di mana anak-anak dan orang dewasa tak dianjurkan menangis, dan mereka akhirnya menjadi tertutup.

Menangis dinilai memiliki manfaat untuk meredakan stres (Foto: pixabay/adinavoicu)

Yoshida telah mencoba mengubah persepsi tersebut dengan mendidik orang tentang manfaat menangis. Dia mengklaim sudah membantu lebih dari 50.000 orang meneteskan air mata selama tujuh setengah tahun terakhir.

Pria tersebut merupakan mantan guru SMP. Ia mengatakan teknik memancing tangisan disebut sebagai 'rui-katsu', yang secara kasar diterjemahkan sebagai 'pencarian air mata'. Hal ini ia ajarkan melalui workshop yang diadakan seminggu sekali.

"Bila kamu menangis seminggu sekali, kamu bisa menjalani kehidupan yang bebas stres, tindakan menangis lebih efektif daripada tertawa atau tidur dalam mengurangi stres," ucapnya, seperti dikutip dari odditycentral.

Baca juga:

Stres dan Cemas Berlebihan Bisa Menimbulkan Penyakit? Ini Kata Dokter

Pria berusia 45 tahun itu menjelaskan menangis membawa manfaat besar bagi kesehatan mental kamu, dengan merangsang aktivitas saraf parasimpatis, yang memperlambat detak jantung serta memiliki efek menenangkan pikiran.

Semakin keras kamu menangis, maka semakin baik perasaan kamu. Meratap itu ideal, bahkan setetes air mata pun bisa memberikan keajaiban bagi kesehatan dan kesejahteraan kamu secara umum.

Jenis air mata yang ditumpahkan juga penting. Air mata terbaik ialah yang disebabkan oleh pengalaman emosional singkat, seperti menonton drama atau film romantis, membaca buku yang menarik, atau mendengarkan lagu.

Tangisan yang disebabkan oleh kesedihan sangatlah berbeda. Bila kamu memaksakan kesedihan, maka kamu akan mendapat efek negatif.

Yoshida sudah menjadi guru air mata selama delapan tahun terakhir. Namun, pada 2015 hal yang ia lakukan mulai populer, tepatnya sejak Jepang memiliki program wajib pemeriksaan stres untuk perusahaan.

Sejak saat itu, dia berjuang memenuhi permintaan dari perusahaan dan entitas lain untuk memberikan kelas dan menggunakan rui-katsu untuk membantu orang menghilangkan stres.

"Pekerjaan saya ialah membuat orang merasa segar melalui tangisan, saya telah membuat hampir 50 ribu orang meneteskan air mata dalam tujuh setengah tahun terakhir," jelas Yoshida.

Salah satu caranya memancing orang menangis melalui film dengan tema berbeda, seperti keluarga, hewan, atlet, atau alam. Dia menyebutkan beberapa orang menangis hanya karena melihat pemandangan yang indah

Salah satu perserta kelas Yoshida mengatakan dirinya tidak yakin apakah benar-benar bisa menangis, namun peserta tersebut terkejut saat mendapati dirinya yang penuh emosi dan menangis. Setelah itu peserta tersebut merasa segar bak habis mandi. (ryn)

Baca juga:

Mereka yang Kuat Hadapi Stres Berat Menurut Zodiak

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pandemi Terpilih Jadi 'Word of the Year 2020' Versi Merriam-Webster
Fun
Pandemi Terpilih Jadi 'Word of the Year 2020' Versi Merriam-Webster

Tidak mengherankan jika kata 'pandemi' jadi Word of the Year 2020.

VICTON Bakal Comeback Bulan Juni Mendatang
ShowBiz
VICTON Bakal Comeback Bulan Juni Mendatang

VICTON akan menghadirkan musik terbarunya pada tanggal 2 Juni 2020 mendatang.

Rilis Poster Baru, Wonder Woman 1984 Tampil Gagah dengan Golden Armor
ShowBiz
Rilis Poster Baru, Wonder Woman 1984 Tampil Gagah dengan Golden Armor

Rencananya, film yang dibintangi Gal Gadot ini akan rilis pada 2 Oktober 2020 mendatang.

Bill Gates dan Melinda Cerai, Bagaimana Pembagian Hartanya?
ShowBiz
Bill Gates dan Melinda Cerai, Bagaimana Pembagian Hartanya?

Bercerai setelah 27 tahun membangun rumah tangga.

Guys,  Ini 3 Perilaku yang Bisa Membuat Perempuan Tertarik
Fun
Guys, Ini 3 Perilaku yang Bisa Membuat Perempuan Tertarik

Sudah siapkah kamu menjadi gentleman?

Gitar “Sun Sessions” Martin D-18 Tahun 1942 eks Elvis Presley, Laku Rp19,2 miliar
ShowBiz
Gitar “Sun Sessions” Martin D-18 Tahun 1942 eks Elvis Presley, Laku Rp19,2 miliar

Gitar kesepuluh dalam sejarah yang terjual lebih dari US$ 1 juta.

Mini Hanya Jual Mobil Listrik di 2030
Fun
Mini Hanya Jual Mobil Listrik di 2030

Mini akan mengubah strategi penjualannya.

Tips Membeli Aki Rekondisi
Fun
Tips Membeli Aki Rekondisi

Aki rekondisi bisa saja sekualitas aki baru.

Harga Perhiasan Putri Disney Jika Benar Ada di Dunia Nyata
Fashion
Harga Perhiasan Putri Disney Jika Benar Ada di Dunia Nyata

Perhiasan ala putri Disney kira-kira berapa ya harganya?

Jepang Putuskan Tato Merupakan Seni, bukan Tindakan Medis
Hiburan & Gaya Hidup