Kesehatan Mental
'Guru Air Mata' Sebut Menangis Cara Ampuh Redakan Stres Seorang pria asal Jepang yang dijuluki 'guru air mata' mengajak para masyarakat untuk menangis, karena dinilai bisa meredakan stres (Foto: pixabay/stocksnap)

TIDAK ada salahnya menangis. Meneteskan air mata mampu redakan stres dan membuat hidupmu lebih bahagia. Hal ini disampaikan seseorang yang menyebut dirinya 'guru air mata' bernama Hidefumi Yoshida. Dalam bahasa Jepang guru air mata disebut namida sensei.

Seperti yang dilansir dari laman odditycentral, Orang Jepang termasuk yang paling kecil kemungkinannya dari semua negara untuk menangis, dan beberapa orang mengatakan, bahwa ada stigma seputar tangisan di negara Asia.

Baca juga:

Kecerdasan Emosional Mampu Atasi Stres Kerja

Namun, menurut Yoshida, orang jepang awalnya memiliki kecenderungan untuk mudah menangis, namun itu semua berubah pada titik di mana anak-anak dan orang dewasa tak dianjurkan menangis, dan mereka akhirnya menjadi tertutup.

Menangis dinilai memiliki manfaat untuk meredakan stres (Foto: pixabay/adinavoicu)

Yoshida telah mencoba mengubah persepsi tersebut dengan mendidik orang tentang manfaat menangis. Dia mengklaim sudah membantu lebih dari 50.000 orang meneteskan air mata selama tujuh setengah tahun terakhir.

Pria tersebut merupakan mantan guru SMP. Ia mengatakan teknik memancing tangisan disebut sebagai 'rui-katsu', yang secara kasar diterjemahkan sebagai 'pencarian air mata'. Hal ini ia ajarkan melalui workshop yang diadakan seminggu sekali.

"Bila kamu menangis seminggu sekali, kamu bisa menjalani kehidupan yang bebas stres, tindakan menangis lebih efektif daripada tertawa atau tidur dalam mengurangi stres," ucapnya, seperti dikutip dari odditycentral.

Baca juga:

Stres dan Cemas Berlebihan Bisa Menimbulkan Penyakit? Ini Kata Dokter

Pria berusia 45 tahun itu menjelaskan menangis membawa manfaat besar bagi kesehatan mental kamu, dengan merangsang aktivitas saraf parasimpatis, yang memperlambat detak jantung serta memiliki efek menenangkan pikiran.

Semakin keras kamu menangis, maka semakin baik perasaan kamu. Meratap itu ideal, bahkan setetes air mata pun bisa memberikan keajaiban bagi kesehatan dan kesejahteraan kamu secara umum.

Jenis air mata yang ditumpahkan juga penting. Air mata terbaik ialah yang disebabkan oleh pengalaman emosional singkat, seperti menonton drama atau film romantis, membaca buku yang menarik, atau mendengarkan lagu.

Tangisan yang disebabkan oleh kesedihan sangatlah berbeda. Bila kamu memaksakan kesedihan, maka kamu akan mendapat efek negatif.

Yoshida sudah menjadi guru air mata selama delapan tahun terakhir. Namun, pada 2015 hal yang ia lakukan mulai populer, tepatnya sejak Jepang memiliki program wajib pemeriksaan stres untuk perusahaan.

Sejak saat itu, dia berjuang memenuhi permintaan dari perusahaan dan entitas lain untuk memberikan kelas dan menggunakan rui-katsu untuk membantu orang menghilangkan stres.

"Pekerjaan saya ialah membuat orang merasa segar melalui tangisan, saya telah membuat hampir 50 ribu orang meneteskan air mata dalam tujuh setengah tahun terakhir," jelas Yoshida.

Salah satu caranya memancing orang menangis melalui film dengan tema berbeda, seperti keluarga, hewan, atlet, atau alam. Dia menyebutkan beberapa orang menangis hanya karena melihat pemandangan yang indah

Salah satu perserta kelas Yoshida mengatakan dirinya tidak yakin apakah benar-benar bisa menangis, namun peserta tersebut terkejut saat mendapati dirinya yang penuh emosi dan menangis. Setelah itu peserta tersebut merasa segar bak habis mandi. (ryn)

Baca juga:

Mereka yang Kuat Hadapi Stres Berat Menurut Zodiak

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Atasi Nyeri Haid Dengan Cara Ini
Fun
Atasi Nyeri Haid Dengan Cara Ini

Nah, bagi kamu mengalami nyeri di perut dan meminum obat, cobalah beberapa cara simpel ini.

Ford F-150 2021 Hadirkan Fitur Hands-Free Driving
Fun
Ford F-150 2021 Hadirkan Fitur Hands-Free Driving

Ford F-150 2021 diperbaharui dengan new hybrid powertrain.

Mengapa Mewarnai Rambut Sendiri Dapat Berbahaya?
Fun
Mengapa Mewarnai Rambut Sendiri Dapat Berbahaya?

Para penata rambut yang profesional mengetahui seberapa kuat bahan bleaching mereka. Sementara kamu?

Sebelum Terkenal, Aktor Tampan Ini Pernah Jadi Model Musik Video
ShowBiz
Sebelum Terkenal, Aktor Tampan Ini Pernah Jadi Model Musik Video

Aktor yang pernah jadi model musik video

Tahun 2020 YouTube Tidak Akan Merilis 'Rewind'
Fun
Tahun 2020 YouTube Tidak Akan Merilis 'Rewind'

YouTube menyatakan bahwa untuk 2020 mereka tidak akan merilis YouTube Rewind.

Museum Ini Bantu Anak-Anak Menjelajah Dunia Selama #DiRumahAja
Fun
Museum Ini Bantu Anak-Anak Menjelajah Dunia Selama #DiRumahAja

Program rutin yang dimiliki museum untuk sementara waktu menggunakan bantuan internet

Jadwal Pesepakbola Profesional Eropa Lebih Gila!
Fun
Jadwal Pesepakbola Profesional Eropa Lebih Gila!

Pesepakbola profesional di Eropa rentan cidera karena jadwal padat.

3 Sneakers Terbaik Jordan Holiday 2020 Retro Collection
Fun
Sekali Seumur Hidup, Berikut 5 Tips Memilih Wedding Organizer Agar Tidak Kecewa
Fun
Sekali Seumur Hidup, Berikut 5 Tips Memilih Wedding Organizer Agar Tidak Kecewa

Jangan sampai salah pilih Wedding Organizer, biar acara pernikahanmu lancar.

Penampilan Perdana Tzuyu TWICE Usai Jalani Karantina Virus COVID-19
Fun