Gurihnya Sop Kembang Waru Khas Yogyakarta

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 03 Juni 2016
Gurihnya Sop Kembang Waru Khas Yogyakarta
Sop Kembang Waru (Foto: Fredy WP)

MerahPutih Kuliner- Sop Kembang Waru patut Anda coba saat berburu kuliner di Yogyakarta. Sop ini akan menambah daftar buruan makanan berat khas Yogyakarta.

Selain kekhasannya, sop kembang waru merupakan makanan yang hanya ditemui di Pasar Beringharjo. Letaknya persis di foodcourt Pasar Beringharjo, Lantai 2, Kota Yogyakarta.

Perlu diketahui, bahwa sajian sop ini hanya akan ditemui saat pesta pernikahan di Yogyakarta. Di luar itu, jangan harap mudah menemukannya.
Pasalnya, sup kembang waru termasuk jenis makanan khas yang jarang diperdagangkan. So, Anda hanya dapat menemui pedagang sop kembang waru di Pasar Beringharjo.

Sop Kembang Waru memiliki tampilan sop bening dengan aneka sayuran biasa seperti wortel, buncis, tetelan daging atau ceker ayam. Yang membuatnya special adalah tambahan sejenis siomay bungkus dadar yang ditata menyerupai bunga. Oleh masyarakat Jogja siomay jenis ini disebut siomay kembang waru.

Jadi, Anda salah kalau mengira sop satu ini ditambahkan kembang waru betulan alias bunga dari pohon waru. Dengan ceker atau tetelan daging sapi yang dimasak dengan sangat tanak, sop ini menjadi sangat nikmat sembari mengunyah ceker dan tetelan yang seolah lumer begitu saja di dalam mulut.

Warung sop kembang waru di sini buka pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Satu porsinya hanya Rp15.000. Namun, harga itu belum termasuk minum, hanya sop dan sepiring nasi. Meski terbilang mahal, tentu kesegaran icip-icip sop langka ini layak dihargai Rp15.000. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Pilih Jadi Tukang Jamu di Pasar
  2. Dari Lapak Jamu Jadi Cafe The House of Raminten
  3. Ayam Koteka, Menu Andalan The House of Raminten
  4. Tempat-tempat Ngopi Asyik di Yogyakarta
  5. Wedang Uwuh Minuman Tradisional Asli Yogyakarta
#Sop Kembang Waru #Kuliner Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan