Gurihnya Kuliner Khas Cirebon, Empal Gentong dan Empal Asem

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 09 Maret 2016
Gurihnya Kuliner Khas Cirebon, Empal Gentong dan Empal Asem
Empal Asem (foto: M. Haruman)

MerahPutih Kuliner- Bila berkunjung ke Cirebon tidak lengkap rasanya bila tidak mencicipi kuliner khas kota ini. Salah satu kuliner yang khas dan sangat populer di Cirebon yaitu Empal Gentong.

Empal Gentong tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta kuliner Nusantara. Empal gentong merupakan potongan daging sapi segar yang dimasak dalam gentong menggunakan kayu bakar.

Namun di setiap warung Empal Gentong biasanya juga menyajikan menu khas Cirebon yaitu Empal Asem, tentu saja keduanya berbeda.

Empal Gentong

Perbedaan terdapat pada kuah, jika Empal Gentong memiliki kuah kuning kental yang merupakan campuran kunyit kuning dan santan serta rempah-rempah pilihan lainnya. Sedangkan Empal Asem memiliki kuah yang cukup bening seperti sayur sop, kuah Empal Asem tidak menggunakan santan disajikan dengan irisan tomat, daun bawang serta belimbing wuluh sehingga rasanya asam dan segar.

Bagi anda pecinta kuliner nusantara yang ingin merasakan lezatnya kedua Empal khas Cirebon ini, anda bisa mengunjungi Empal Gentong H. Apud, yang beralamat di Jalan. Ir. H. Juanda No. 24 Battembat Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau sekitar Rp. 28.000,- untuk satu porsi empal gentong dan empal asem. (mat)

BACA JUGA:

  1. Cerita Sedih Dibalik Kenikmatan Empal Gentong Haji Apud
  2. Ini Tradisi Keraton Kanoman Cirebon ketika Gerhana Matahari
  3. Cirebon Disebut Kota Tilang, Ini Curhatan Netizen
  4. Terduga Teroris Ciputat Pernah Terlibat Kasus Bom Polresta Cirebon
  5. Mi Koclok Khas Cirebon yang Bikin Ketagihan
#Empal Gentong #Budaya Jawa Barat #Kuliner Khas Sunda
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan