Gunung Soputan Luncurkan Lava 2.500 Meter, Awan Panasnya Mengarah ke Barat Laut Gunung Soputan di Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara meletus (3/10) pukul 08.47 WITA (@Sutopo_PN)

Merahputih.com - Pos Pantau Gunung Soputan menyatakan bahwa telah terjadi luncuran lava ke arah timur laut sepanjang 2.500 meter.

"Sampai pukul 19:00 Wita terjadi luncuran lava dari puncak Gunung Soputan yang diperkirakan sepanjang 2.500 meter," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Soputan, Asep Saifullah di Silian, Rabu (3/10).

Dia menuturkan luncuran lava tersebut mengarah ke timur laut dari arah puncak gunung melewati jalur luncuran akibat letusan 2016. "Secara visual memang tidak terlihat secara jelas. Tapi diperkirakan melewati jalur lava pada letusan terakhir," katanya.

Selain itu terlihat terjadi letusan stromboli sejak pukul 18:00 Wita, dengan tinggi sekira 450 meter dari puncak gunung.

Abu letusan Gunung Soputan (@Sutopo_PN)

"Untuk letusan stromboli terlihat jelas, dengan ketinggian letusan terus mengalami peningkatan dari 150 meter sampai 450 meter," jelasnya.

Sedangkan ketinggian awan panas yang berhembus dari kepundan gunung mengalami peningkatan mencapai 6.000 meter.

"Untuk hembusan awannya masih seperti sebelumnya yaitu ke arah barat laut," tandasnya.

Sampai saat ini masih terjadi letusan yang telah berlangsung sejak pukul 12:00 Wita.



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH