Gunung Raung Masih Meletus, BNPB Tegaskan Penerbangan Aman

Fredy WansyahFredy Wansyah - Selasa, 28 Juli 2015
Gunung Raung Masih Meletus, BNPB Tegaskan Penerbangan Aman
Gunung Raung mengeluarkan awan panas terlihat dari Desa Melaten, Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (12/7). (Foto: Antara)

MerahPutih Nasional - Akibat letusan Gunung Raung, maspakai sempat menghentikan aktivitas penerbangan. Meski saat ini penerbangan telah kembali dibuka, Gunung Raung diketahui masih meletus.

"Letusannya masih tetap terus menerus, belum tau sampai kapan" ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (28/07)

Sutopo menjelaskan bahwa letusan gunung raung yang berkelanjutan tersebut tidak akan mengganggu jalur penerbangan. Pasalnya, magma yang dikeluarkan Gunung Raung masih encer, sehingga kecil kemungkinan gunung tersebut meletuskan awan panas.

"Meski pada hari ini masih meletus dengan tinggi 400 meter, semua bandara masih aman," paparnya.

Saat ini statusnya masih siaga level 3. Letusan sudah mulai berkurang dari letusan sebelumnya. Namun arah abu letusan belum bisa terditeksi. "Masih tergantung arah angin," tegasnya.

Sebelumnya, pengamat penerbangan, Dudi Sudibyo, menegaskan, adanya letusan gunung perlu sikap peringatan dini dari pemerintah dalam mengantisipasi kecelakaan maskapai penerbangan. Menurutnya, pemerintah wajib mengeluarkan Notam (Notice For Air Man). (AB)

Baca Juga:

Erupsi Gunung Raung, Bandara Juanda Kembali Ditutup

Gunung Raung Meletus Bandara Ngurah Rai Kacau

Banyaknya Gunung Berstatus Siaga, Penerbangan Harus Utamakan Notam

#Pesawat #Gunung Raung
Bagikan
Ditulis Oleh

Fredy Wansyah

Bagikan