Gunung Merapi Meletus, Ini Lima Objek Wisata yang Ditutup Erupsi Gunung Merapi (Doc. BNPB)

GUNUNG Merapi kembali mengeluarkan kepulan asap tebalnya. Bandara Adisucipto Yogyakarta ditutup lantaran abu vulkanik yang terus keluar. Sementara itu, masyarakat yang tinggal dalam radius 5 km diinstruksikan untuk mengevakuasi diri.

Meletusnya Gunung Merapi ini juga membuat objek wisata di sekitarnya ditutup untuk para wisatawan. Hal tersebut tertera pada surat edaran nomor SE.250/BTNGM/TU/Ren/05/2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Balai Taman Nasional Gunung Merapi.

Terdapat lima objek wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Tempat-tempat tersebut tak akan dibuka hingga waktu yang ditentukan. Objek wisata mana saja itu?

1. Jurang Jero - Magelang

Jurang Jero (Instagram/ediyusuf3274)
Jurang Jero (Instagram/ediyusuf3274)

Objek wisata yang terletak di Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang masih terhitung baru. Jurang Jero dibuka untuk umum mulai akhir Desember 2016. Bagi yag doyan berswafoto tentu akan sangat senang datang ke tempat ini.

Jurang Jero dikelilingi oleh pohon pinus. Bebebrapa lokasi dipergunakan masyarakat sekitar untuk menanam rumput kolonjono. Banyak hal yang bisa dilakukan di Jurang Jero seperti olahraga ekstrim downhill, outbound dan camping.

2. Panguk dan Plunyon - Sleman

Bukit Panguk (Instagram/wayedoublerway)
Bukit Panguk (Instagram/wayedoublerway)

Dua objek wisata ini memang menjadi favorit bagi para pasangan muda. Pasalnya, Panguk dan Plonyon memiliki keindahan alam yang begitu romantis.

Di panguk atau yang biasa orang menyebutnya dengan Bukit Panguk kamu bisa melihat hamparan awan yang menutupi area bukit-bukit. Sedangkan Pluyon memiliki jembatan dengan pemandangan perbukitan dan hutan pinus.

3. Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo - Sleman

Tlogo Muncar (Instagram/yusuf_chiller)
Tlogo Muncar (Instagram/yusuf_chiller)

Dua objek wisata ini terletak di Taman Wisata Plawangan Turgo. Tlogo Muncar berada di sebelah barat, sedangkan Tlogo Nirmolo berada di sebelah timur Bukit Turgo.

Pemandangan Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo begitu luar biasa. Kamu dapat melihat deretan pepohonan. Jika beruntung kamu juga bisa melihat Elang Jawa liar yang berkeliaran di sana.

4. Sapuangin-Deles - Klaten

Sapuangin (Instagram/crazytravelguy)
Sapuangin (Instagram/crazytravelguy)

Objek wisata ini sering dijadikan tempat camping bagi para pencinta alam. Tempat tersebut juga sangat cocok bagi kamu yang senang berpetualang menggunakan sepeda.

Objek wisata yang sering disebut Wisata Deles Indah ini memiliki penduduk lokal yang sangat ramah. Selain keindahan alamnya, tempat tersebut juga punya peninggalan bersejarah.

5. Pendakian Gunung Merapi dari Sapuangin dan Selo

Sapuangin (Instagram/prawesthi)
Sapuangin (Instagram/prawesthi)

Daerah ini menjadi salah satu jalur pendakian menuju Merapi. Jalur Sapuangin dibuka mulai Mei 2017. Jalur Sapuangin memiliki karakteristik berbeda dibanding yang lain karena lebih panjang.

Di tahun 2010, Selo menjadi satu-satunya jalur yang bisa dilewati pendaki. Pasalnya karena erupsi jalur lainya rusak parah terutama Kinahrejo di Kabupaten Sleman dan Babadan di Kabupaten Klaten.

Sekadar informasi pihak BNPB mengatakan kalau Gunung Merapi saat ini masih dalam status normal atau level I. Pihak masyarakat pun diimbau untuk tetap tenang.

Selain artikel ini kamu juga bisa baca Kenali Erupsi Freatik Merapi, Datang Tiba-Tiba Tapi Tidak Dahsyat


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH