Gunung Merapi Kembali Muntahkan Lava Sebanyak 10 Kali Gunung Merapi (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta kembali memuntahkan lava. Guguran lava sebanyak 10 kali terjadi pada Senin (21/1) dini hari.

Informasi dari Twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menjelaskan guguran lava teramati keluar dari Merapi sekitar pukul 00-06.00 WIB.

"Durasi guguran 12-48 detik. Arah dan jarak guguran belum teramati karena tertutup kabut," isi twitter BPPTKG Yogyakarta.

Pemandangan Gunung Merapi saat muntahkan lava
Rekaman muntahan lava dari Gunung Merapi (Twitter @BPPTKG)

Status gunung Merapi hingga kini masih Waspada. Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengimbau pada masyarkat untuk tetap menjaga jarak radius 3 km dari gunung Merapi. Wilayah kurang dari 3 Km disterilkan dari aktifitas warga.

"Kegiatan pendakian masih di tutup. Kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian terkait mitigasi kebencanaan," ujar Hanik di Yogyakarta, Senin (21/1).

Gunung Merapi muntahkan lava
Penampakan Gunung Merapi saat semburkan lava tadi pagi (Foto: Twitter BPPTKG)

Pantauan BPPTKG kubah Lava Gunung Merapi terus tumbuh dengna laju pertumbuhan 2.300 meter kubik perhari. Sementara volume kubah lava pada 16 Januari 2019 tercatat 453.000 meter kubik.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Mulai Hari Ini Tarif Tol Jarak Jauh Trans Jawa Diskon 15 Persen



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH