Gunung Merapi Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik 6 Ribu Meter dari Puncak

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 03 Maret 2020
Gunung Merapi Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik 6 Ribu Meter dari Puncak
Gunung Merapi kembali erupsi pada Selasa (3/3) pukul 05.22 WIB dengan menyemburkan abu vulkanik 6.000 meter dari puncak. Foto: Twitter

MerahPutih.com - Gunung Merapi kembali erupsi pada Selasa (3/3) pukul 05.22 WIB dengan menyemburkan abu vulkanik 6.000 meter dari puncak.

Berdasarkan data dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), erupsi Merapi memiliki durasi 450 detik dengan amplitudo 75 mm.

Baca Juga

Masyarakat Kawasan Lereng Gunung Merapi Diimbau Waspadai Banjir Lahar Hujan

Selain itu, guguran awan panas mengalir ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak maksimum 2 kilometer (km). Sedangkan, arah angin saat terjadi erupsi mengarah ke utara.

Hingga saat ini, BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada dan untuk sementara tidak merekomendasikan kegiatan pendakian kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

Baca Juga

Gunung Merapi Erupsi, Warga Magelang Tetap Pergi ke Ladang

BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Masyarakat juga diminta tidak terpancing isu-isu mengenai meletusnya Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi atau kantor BPPTKG, atau melalui media sosial BPPTKG. (*)

Baca Juga

Warga Cepogo Beraktivitas Normal Meski Dihujani Abu Vulkanik Gunung Merapi

#Gunung Merapi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan