Gunung Merapi "Batuk", Bandara Adisutjipto Siap Fasilitasi Evakuasi Penumpang

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 24 Mei 2018
Gunung Merapi
Gunung Merapi pasca letusan freatik pada pukul 13.49 WIB dengan durasi dua menit tim SAR melakukan pemantauan langsung puncak Gunung Merapi (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

MerahPutih.Com - Aktivitas vulkanik Gunung Merapi meningkat dalam beberapa hari belakangan. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) telah menaikan statusnya menjadi waspada.

Kenaikan status Gunung Merapi tersebut seiring terjadinya beberapa fenomena di sekitar lokasi. Salah satu penandanya yakni turunnya monyet ekor panjang dari kawasan Gunung Merapi. Dengan meningkatnya aktivitas Merapi, Otoritas Bandara Adisutjipto Yogyakarta , PT Angkasa Pura (AP) I telah menyiapkan sejumlah skenario untuk menghadapi efek terburuk dari letusan Gunung Merapi.

Pasalnya aktivitas Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta terus meningkat. Bahkan letusan kembali terjadi siang tadi sekitar pukul 10.48 WIB.

Monyet ekor panjang mulai turun
Monyet ekor panjang di sekitar kantor TNGM Yogyakarta (MP/Teresa Ika)

Jika bandara ditutup, penerbangan akan dialihkan ke bandara terdekat misalnya di Bandara Adi Soemarno di Jawa Tengah. PT Angkasa Pura I pun telah menyiapkan transportasi darat auntuk memindahkan penumpang terdampak ke lokasi stasiun kereta atau terminal bus terdekat.

"Sementara yang kami siapkan adalah Bus. Mobil bisa menyesuaikan apabila nanti diperlukan," kata Kepala Legal dan Humas Bandara Adi Sucitjipto Yogyakarta, Liza Anindya di Yogyakarta, Kamis (24/05) 2018.

Selain itu ruang tunggu tambahan turut dipersiapkan. Liza menambahkan hal ini dilakukan guna mengantisipasi penumpukan penumpang jika ada penundaan atau pembatalan penerbangan.

"Ruang tunggu di terminal international kami siapkan sebagai ruang tunggu tambahan kalau ada pendingan pesawat," kata Liza.

Petugas memantau aktivitas Gunung Merapi
Petugas memantau aktivitas kondisi Gunung Merapi pasca kenaikan status dari normal menjadi waspada dengan radio komunikasi di kawasan Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Walau Merapi sudah dua kali batuk-batuk, Ia menegaskan hingga kini belum ada rencana penutupan Bandara Adisutjipto. Kegiatan penerbangan masih berjalan normal dan tidak terdampak debu Merapi. Namun jika kondisi memburuk, Bandara akan segera ditutup.

"Keputusan penutupan bandara Adisutjipto diserahkan kepada Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP) Kementerian Perhubungan,"ujarnya.

Seluruh persiapan ini dibentuk sebagai tindak lanjut arahan Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso untuk bersiaga menghadapi letusan Merapi. Usai arahan keluar, Angkasa Pura segera melakukan melakukan test di aerodrome observation.

"Hasilnya negatif. Artinya tidak ada debu merapi," jelas Liza.

Hingga kini otoritas bandara Adisutjipto terus melakukan koordinasi dengan pihak maskapai penerbangan, AirNav Indonesia serta BPPTKG untuk memantau kondisi perkembangan Gunung Merapi.

Bantuan untuk warga di sekitar Gunung Merapi
Petugas dibantu warga menurunkan bantuan logistik untuk pengungsi di Tempat Penampungan Pengungsi Sementara (TPPS) Tlogolele, Selo, Boyolali, Jawa Tengah (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Letusan kedua Merapi siang tadi membuat sejumlah satwa yang tinggal di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) turun daei habitatnya dan bergerak kepermukiman penduduk.

Pantauan merahputih.com monyet ekor panjang yang merupakan fauna asli Di TNGM tampak asyik "nongkrong" di Kantor TNGM yang berlokasi di Jalan Kaliurang km 22, Pakem Sleman Yogyakarta. Kantor TNGM berlokasi delapan km dari Merapi. Monyet ekpr panjang ini datang bergerombol sejak pagi hari. semakin siang jumlahnya bertambah banyak.

Kepala Balai TNGM Ammy Nurwati mengimbau masyarakat yang melihat fauna asli Gunung Merapi ini untuk tidak mengganggu dan menangkapnya.

"Fauna yang ada di TNGM yakni monyet ekor panjang kancil Rusa dan babi hutan. kalau ada yang lihat. Jangan dibunuh. Mereka tidak menganggu manusia,"tegasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Merapi Semburkan Magma, Sultan Imbau Warga Kemasi Barang Berharga

#Gunung Merapi #Gunung Meletus #Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan