Gunung Kerinci Alami Erupsi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 11 Januari 2023
Gunung Kerinci Alami Erupsi
Gunung Kerinci, yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mengalami erupsi pada Rabu (11/1/2023) pagi. (ANTARA/HO-Pos Pengamatan Gunung Api Kerinci)

MerahPutih.com - Gunung Kerinci, yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mengalami erupsi pada Rabu pagi sekitar pukul 05.46 WIB.

Gunung dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut (Mdpl) itu mengeluarkan kolom abu dengan ketinggian sekitar 900 meter di atas puncak ( 4.705 m di atas permukaan laut)

Baca Juga:

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi sementara ini kurang lebih 8 menit 20 detik.

Pada seismik terekam tremor menerus. Erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat. Karena gunung yang berada pada status Level II (Waspada) itu mengalami erupsi, masyarakat di sekitar gunung dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah dalam radius 3 km dari kawah aktif (masyarakat dilarang beraktivitas di dalam radius bahaya/KRB III).

Pos Pengamatan Gunung Api Kerinci mengimbau masyarakat yang berada di daerah Pelompek, Kerinci, Jambi hingga Kubang Gajah, Solok Selatan, Sumatera Barat mewaspadai abu vulkanis karena gunung itu mengalami erupsi.

"Jika dilihat arah kolom abu, cenderung ke ke arah timur laut dan timur. Masyarakat yang berada di daerah Pelompek, Kerinci, Jambi hingga Kubang Gajah, Solok Selatan, Sumatera Barat, mewaspadai abu vulkanis," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Kerinci, Irwan Syafwan saat dihubungi di Padang Aro, Rabu.

Ia mengatakan, jika abu vulkanis memang mencapai daerah Pelompek hingga Kubang Gajah, pihaknya imbau masyarakat mengenakan masker karena abu vulkanis bisa berdampak pada kesehatan.

Baca Juga:

Menilik Benda Bersejarah Erupsi Merapi di Museum Omahku Memoriku

#Bencana Alam #Rawan Bencana #Erupsi
Bagikan
Bagikan