Gunung 'James Bond' di Jepang Meletus

Muchammad YaniMuchammad Yani - Selasa, 06 Maret 2018
Gunung 'James Bond' di Jepang Meletus
Gunung 'James Bond' di Jepang (Sumber: Ist)

GUNUNG Shinmoedake di Jepang yang sempat menjadi tempat syuting untuk film James Bond tahun 1960-an meletus. Gunung berapi ini kini mengeluarkan asap dan abu ribuan meter ke langit, Selasa (6/3).

Akibatnya sebanyak 65 penerbangan ke dan dari bandar udara terdekat dibatalkan. Seperti diberitakan Reuters melalui Antara letusan kemungkinan berlanjut untuk beberapa waktu.

Pada tayangan televisi lokal, asap dan abu mengepul ke langit dengan lahar terlihat di dalam kawah gunung itu. Televisi publik NHK mengatakan asap dan abu membubung 3.650 meter. Letusan ini terkuat dalam kurun tujuh tahun.

"Gunung tersebut telah meletus untuk sementara waktu, tapi ini adalah hari di mana letusan terkuat terjadi," menurut seorang pejabat di Badan Meteorologi Jepang. "Ini akan berlangsung sementara," tambahnya.

Poster You Only Live Twice (Sumber: Ist)
Poster You Only Live Twice (Sumber: Ist)

Jepang sendiri memiliki 110 gunung berapi aktif dan memonitoring 47 dari mereka setiap waktu. Pada September 2014, Gunung Ontake meletus yang mengakibatkan 63 orang tewas.

Gunung Shinmoedake sendiri muncul di film James Bond, You Only Live Twice, pada 1967. Diceritakan Bond ditugaskan ke Jepang untuk menyelidiki pesawan antariksa milik Amerika yang hilang dan menuduh Soviet sebagai dalang utamanya.

Bond pun bekerja sama dengan intelejen Jepang yang dipimpin Tiger Tanaka (Tetsuro Tamba) untuk menyelidiki kebenarannya. Kenyataannya ada pihak ketiga yang menjadi dalang yakni organisasi bernama SPECTRE. Mereka mencoba mengadu domba antara Amerika dan Soviet.

Film ini sangat populer. Saat itu You Only Live Twice menghasilkan pendapatan kotor US$111 juta dengan biaya anggaran awal sebesar US$9,5 juta. (*)

#James Bond
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan