Gunung Barujari Meletus, Ratusan Pendaki Dievakuasi Para wisatawan dievakuasi dari Gunung Rinjani menyusul meletusnya Gunung Barujari, NTB, Selasa (27/9). (Foto: Twitter/Sutopo_BNPB)

MerahPutih Nasional - Ratusan wisatawan dievakuasi dari Gunung Rinjani menyusul status siaga atas erupsinya Gunung Barujari, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Seperti diketahui, Gunung Barujari berdekatan dengan Gunug Rinjani, bahkan masyarakat lokal menyebutnya sebagai anak Gunung Rinjani.

"Ratusan wisatawan telah keluar dari Gunung Rinjani dengan selamat dan baik kondisinya," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Rabu (28/9), seperti dilansir Antara.

Berdasarkan data Taman Nasional Gunung Rinjani, sebanyak 1.023 orang wisatawan berada di Gunung Rinjani saat terjadi erupsi Gunung Barujari pada pada Selasa (27/9) pukul 14.45 WITA. Wisatawan masuk dari dua pintu yaitu Pintu Sembalun dan Pintu Senaru.

Sutopo dalam catatannya di media sosial Twitter menyebut, sebagian besar wisatawan turun dari puncak Gunung Rinjani melalui pintu Semaru.

Seperti diketahui, Gunung Barujari meletus pada Selasa (27/9). Tinggi material letusan hingga 2 kilometer. Setelah letusan itu, petugas langsung menutup jalur masuk pendakian dan para pendaki langsung dievakuasi turun.

Sutopo mengatakan, Gunung Barujari kerap meletus secara tiba-tiba. Evakuasi harus cepat dilakukan terhadap para pendaki demi keselamatan mereka.

Letusan terakhir Gunung Barujari tercatat pada akhir Oktober tahun lalu. Letusan saat itu juga memaksa petugas mengevakuasi para pendaki. Letusan Barujari waktu itu membuat sejumlah penerbangan hingga Bali dan Jawa Timur terganggu.

BACA JUGA:

  1. Abu Vulkanik Gunung Barujari ke Selatan, Penerbangan Bali-Jawa Aman
  2. Abu Vulkanik Gunung Barujari Lombok Sampai ke Jawa Timur
  3. Gunung Barujari Lombok Meletus, Jumlah Pendaki Belum Diketahui
  4. Gunung Rinjani Meletus, Bandara Internasional Lombok Berhenti Operasi
  5. Bule Ini Keliling Pulau Lombok dan Mendaki Gunung Rinjani untuk Amal


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH