Gunung Agung Terkini: Kubah Lava Alami Pertambahan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 15 Desember 2017
Gunung Agung Terkini: Kubah Lava Alami Pertambahan
Siluet Gunung Agung di pulau Bali terlihat dari pinggiran pantai Ampenan, Mataram, NTB, Kamis (21/9). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

MerahPutih.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melaporkan pengisian kubah lava di dasar kawah Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali, mengalami pertambahan atau naik tipis.

Hal itu terpantau dari citra satelit dan menggunakan pesawat tanpa awak (drone) saat ini.

Kepala Bidang Mitigasi (PVMBG) I Gede Suantika penamabahan kubah lava ini menandakan aktivitas magma dari dalam perut gunung masih berlangsung dan masih adanya aktivitas vulkanik gunung setinggi 3.142 mdpl itu.

"Pengisian lava ini yang terpantau dari data satelit sebelumnya jumlahnya sepertiga dari kawah Gunung Agung dengan luas diameter 900 meter dan kedalaman 200 meter sudah terisi material lava vulkanik. Namun saat ini terpantau naik sedikit sekitar seperempat dari volume kawah Gunung Agung yang teramati dari satelit dan menggunakan pesawat tanpa awak yang kami terbangkan tadi," katanya di Posko Pemantauan Gunung Agung, Desa Rendang, Karangasem, Jumat (15/12), dilansir Antara.

Ia menerangkan, sifat lava sangat encer dan akan memenuhi volume kawah gunung terlebih dahulu dan sebelumnya terlihat ada tonjolan keluarnya lava yang juga telah mengisi volume kawah yang masih berlangsung, namun belum sampai hingga bibir kawah Gunung Agung.

Oleh karena keluarnya lava encer ini, pihaknya merilis aktivitas vulkanik Gunung Agung ini masih dalam kategori efusif magmatik dan untuk memastikan apakah aktivitas magmatik Gunung Agung ini mengalami eksplosif, pihaknya akan melihat data lebih lanjut.

"Sampai saat ini berdasarkan data kami masih ada gempa dan hembusan pada kawah Gunung Agung dan belum melebihi dari itu," katanya.

Untuk saat ini, hembusan asap putih dari Gunung Agung per harinya bisa mencapai rata-rata 40 kali per hari dan aktivitas vulkanik saat ini cenderung progresif atau berjalan terus, namun rate masih konstan atau berlangsung pelan. (*)

#Gunung Agung #Bali
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan