Gunung Agung Status Siaga, Orang Gila dan Lansia Harus Diungsikan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 20 September 2017
Gunung Agung Status Siaga, Orang Gila dan Lansia Harus Diungsikan
Polisi dan warga memantau aktifitas Gunung Agung (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

MerahPutih.com - Gunung Agung saat ini sudah dalam situasi siaga atau status III, warga sekitar lereng gunung tertinggi di Bali itu dalam radius 7,5 km diminta untuk mengungsi.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika memaparkan bahwa orang yang harus dievakuasi terlebih dahulu yaitu orang tua lansia, jompo, orang sakit, ibu mau melahirkan, balita, dan orang dengan gangguan jiwa.

"Jadi sekarang kalau ada yang punya saudara yang lagi dikurung dan lain sebagainya segera diungsikan, nanti dinas sosial kabupaten dan provinsi akan membantu dibawa ke Bangli dulu biar dibawa ke sana, supaya kalau tejadi sesuatu mereka enggak jadi korban," ungkap Mangku Pastika ketika meninjau Pos Pantau Gunung Agung Desa Rendang, Karangasem, Selasa (19/9).

Pihaknya mengatakan bahwa masyarakat harus siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi. Oleh karenanya, warga diminta peran aktifnya untuk mencari tahu tentang situasi terkini perkembangan status Gunung Agung dengan dinas terkait.

"Kita akan segera membuat posko yang lebih represntatif, posko untuk Karangasem, nanti juga ada posko provinsi dan secara nasional sore ini kepala BNPB datang untuk memantau langsung dan membantu apa saja yang diperlukan," tambahnya.

Dengan begitu dapat meminimalisir korban jiwa maupun harta benda terkait dengan meningkatnya status aktivitas Gunung Agung.

"Makanya evakuasi, penyiapan tempat tempat pengungsian, urusan makan, kesehatan, keamanan anak sekolah itu semua harus disiapkan. Ini harus di-manage dengan baik agar tidak terjadi miss komunikasi," tandasnya. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Raiza Andini, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bali. Baca juga berita terkait petani Bali dalam artikel: BPBD Bali Sebut Lereng Gunung Agung Terbakar

#Gunung Agung #Bali
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan