Gunung Agung Siaga, Gubernur Bali Siap Gelontorkan Anggaran Sejumlah Umat Hindu menggelar upacara di Pura Besakih yaitu Pura yang berada di kaki Gunung Agung, Karangasem, Bali, Selasa (19/9). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi Bali siap mengeluarkan anggaran besar untuk menjamin warganya yang berada di sekitar lereng Gunung Agung selamat dan untuk meminimalisir adanya korban jiwa.

"Semua anggaran siap, berapapun siap," ungkap Gubernur Bali Made Mangku Pastika usai meninjau Pos Pantau Gunung Agung, Desa Rendang, Karangasem, Selasa 19 September 2017.

Pastika mengatakan telah menyiapkan sejumlah persiapan. Beberapa di antaranya membuka posko bencana di beberapa titik di kawasan Karangasem dan wilayah sekitarnya.

"Nanti kita akan membangun posko yang representatif, posko di Karangasem, posko provinsi dan pusat," tambahnya.

Pihaknya juga meminta pada instansi terkait untuk menyiapkan perlengkapan kebencanaan seperti, P3K, sanitasi, makanan dan juga perlenhkapan anak sekolah kepada para pengungsi.

Sebelumnya Pastika mengimbau kepada masyarakat untuk tidak termakan isu hoax terkait aktivitas Gunung Agung. Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak menyebar isu yang tidak benar. "Di situlah saya minta peran serta saudara - saudara jangan memeberitakan yang lebay, itu yang saya harapkan," kata Pastika di Pos Pantau Gunung Agung Desa Rendang, Karangasem, Bali, Selasa (19/9).

Pihaknya meminta agar media tidak membuat panik maupun resah masyarkaat Bali maupun para wisatawan asing maupun lokal yang hendak berlibur ke Pulau Bali dengan pemberitaan yang tidak benar. "Jangan buat panik masyarakat," katanya.

Salah satu wisatawan asal Perancis Joel mengaku tidak takut dengan adanya pemberitaan terkait peningkatan status Gunung Agung. Dia justru terbiasa dnegan hal itu lantaran di negaranya sering tejadi gempa lokal. "Saya terbiasa dengan hal ini, di negara saya banyak gunung berapi dan sering gempa saya tidak takut," tandasnya. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Raiza Andini, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bali. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Wisatawan Mancanegara Meningkat, Pelindo III Perlebar Pelabuhan Benoa


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH