Headline

Gunung Agung Meletus, Penerbangan ke Lombok Tetap Normal

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 21 November 2017
Gunung Agung Meletus, Penerbangan ke Lombok Tetap Normal
Gunung Agung tertutup awan terlihat dari pinggiran Pantai Ampenan, Mataram, NTB, Selasa (21/11) (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

MerahPutih.Com - Letusan Gunung Agung tidak mempengaruhi sejumlah penerbangan domestik dan internasional. Khususnya penerbangan ke Bandara Internasional Lombok, sampai saat ini belum terdampak erupsi Gunung Agung.

Menurut General Manager Angkasa Pura I Lombok Internasional Airport I Gusti Ngurah Ardita, aktivitas penerbangan dan operasional bandara tetap berjalan normal pasca-erupsi Gunung Agung di Pulau Bali.

"Sampai saat ini, tidak ada dampak terhadap penerbangan di Lombok Internasional Airport (LIA)," ujar I Gusti Ngurah Ardita melalui pesan WhattApps, Selasa (21/11).

Menurut Ardita sebagaimana dilansir Antara, pihaknya tetap memantau setiap situasi dari perkembangan erupsi Gunung Agung di Pulau Bali.

"Kami tetap memonitor perkembangan aktivitas Gunung Agung," katanya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Agung di Karangasem, Bali, meletus dengan menyemburkan abu berwarna kelabu berketinggian sekitar 700 meter di atas puncak sekitar pukul 17.05 Wita, Selasa (21/11).

Mengingat adanya potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan akut pada manusia maka diharapkan seluruh masyarakat, utamanya yang bermukim di sekitar gunung berapi itu segera menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun pelindung mata sebagai upaya antisipasi potensi bahaya abu vulkanik.

PVMBG meminta masyarakat di sekitar Gunung Agung Agung dan pengunjung, wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius enam kilometer dari kawah puncak gunung dan ditambah perluasan sektoral ke arah utara-timurlaut dan tenggara-selatan-baratdaya sejauh 7.5 kilometer.(*)

#Gunung Agung #Bandara Internasional Lombok (BIL) #Lombok
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan