Gunung Agung Awas, Luhut Siapkan Tempat Baru untuk Pertemuan IMF 2018

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 25 September 2017
Gunung Agung Awas, Luhut Siapkan Tempat Baru untuk Pertemuan IMF 2018
Luhut Binsar Panjaita saat pembukaan Sekolah Kepemimpinan Gus Dur di Kantor DPP PKB Jakarta. (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Kemaritiman yang sekaligus menjadi panitia IMF-World Bank 2018 Luhut Binsar Panjaitan mengatakan akan mempersiapkan tempat baru untuk pelaksanaan IMF 2018 guna mencegah kemungkinan terburuk dari peningkatan status Gunung Agung.

Seperti diketahui, International Monetary Fund (IMF)-World Bank (WB) Annual Meeting 2018 akan digelar di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, pada Oktober 2018.

Luhut memaparkan telah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk segera merancang rencana baru penyelenggaraan IMF 2018. Hal itu untuk mengantisipasi adanya bencana letusan Gunung Agung yang tidak dapat diprediksi kapan waktunya.

"Ya saya pikirkan saya sudah bicara di mobil dan sebelumnya sudah kami diskusi dengan Bu Sri Mulyani karena kontingensi itu penting," terang Luhut di Posko Logistik Gunung Agung, Tana Ampo, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Minggu (24/9).

Luhut tidak menyebutkan secara pasti di mana lokasi kedua yang akan dijadikan tempat penyelenggaraan IMF 2018 jika nantinya terjadi bencana letusan Gunung Agung secara tiba-tiba mendekati hari H perhelatan akbar itu.

"Belum tahu nanti kita bicarakan dulu. Ini masih lama kan, kita lihat dulu nanti perkembangannya seperti apa," katanya.

Pihaknya telah melakukan komunikasi secara intensif dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi untuk mengetahui perkembangan kegempaan Gunung Agung. Luhut juga mencari tahu informasi mengenai pengungsi yang saat ini jumlahnya mencapai puluhan ribu jiwa.

"Wagub menyampaikan hari ini sudah ada 21 ribu pemgungsi kan gak mungkin bebannya sendiri di pemerintah daerah dan juga saya pikir empati yang disampaikan oleh panitia pusat dann kontingen," tandasnya. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Raiza Andini, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bali dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya terkait aktivitas Gunung Agung dalam artikel: Pemkab Karangasem Selamatkan Harga Ternak Pengungsi Gunung Agung

Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan