K-Pop
Gunakan Bahasa Isyarat di Koreografi ‘Permission to Dance’, RM BTS Ngaku Bersenang-Senang BTS masukkan bahasa isyarat dalam koreografi Permission to Dance.(Foto instagram lotte_cf)

SEOLAH ingin menandai berakhirnya pandemi COVID-19, BTS merilis lagu baru mereka, 'Permission to Dance'. Lagu berbahasa Inggris ketiga itu ditulis bersama Ed Sheeran yang juga bekerja sama dengan Steve Mac, Johnny McDaid dan Jenna Andrews, yang sebelumnya juga terlibat dalam lagu Dynamite dan Butter.

Lagu dengan energi dan ritme tinggi ini dirilis dengan video musik penuh pesan cinta serta harapan. Amat sulit untuk melewatkan pesan inklusi, keberagaman, dan optimisme yang disampaikan Bangtan Boys. Mereka menyebarkan kehangatan di masa-masa sulit ini dengan meninggalkan jejak pesan tersembunyi di dalam lirik lagu mereka. Bahkan dalam video musik, mereka juga mempromosikan persatuan dan mengakhiri kejahatan serta kebencian di Asia.

BACA JUGA:

Dukungan CEO YouTube untuk Kampanye BTS 'Permission To Dance'

Dalam video musik Permission to Dance, terdapat bagian-bagian yang memperlihatkan keberagaman orang dengan jenis kulit, ras, dan usia yang berbeda. Pesan dari imaji itu ialah semua orang dapat melakukan hal yang sama terlepas dari perbedaan fisik. Dengan pesan itu, BTS ingin mendukung kesetaraan untuk orang Asia, orang asing, dan orang kulit hitam.

Sementara itu, balon ungu dalam video menjadi penanda berakhirnya COVID-19. Memang demikian adanya. Kita melihat orang-orang menunjuk pada balon ungu yang melayang di langit. Kemudian pada akhir video, orang-orang melepaskan semua masker yang menandakan dunia telah sembuh.

Setelah dirilis, video musik Permission to Dance milik BTS itu menjadi berita utama karena koreografi nan bermakna. Tak sekadar menari, RM dan kawan-kawan memasukkan bahasa isyarat internasional yang berarti 'menyenangkan', 'menari', dan 'damai'.

Seperti dilansir SBS Star, sang leader, RM, membagikan bagaimana mereka akhirnya memasukkan bahasa isyarat ke koreografi Permission to Dance. Ia menjelaskan ide itu tiba-tiba muncul dan menjadi sesuatu yang tidak pernah terpikirkan sehingga mereka merasa itu merupakan hal yang sangat bagus untuk dilakukan.

BTS
Bahasa isyarat internasional digunakan dalam koreografi BTS.(Foto YouTube HYBE LABELS)

"Kami bersenang-senang saat membuat koreografi dan merasa sangat bangga serta bahagia setelah mendengar banyak orang tersentuh dengan penggunaan bahasa isyarat di Permission to Dance," ujar pria bernama asli Kim Nam-joon itu.

RM memang patut berbangga. Tak kurang, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom mengapresiasi koreografi BTS. Lewat akun Twitter miliknya, Adhanom menyampaikan rasa terima kasih mendalam kepada septet asal Korea Selatan itu.

“Terima kasih BTS karena telah memasukkan bahasa isyarat ke video musik Permission to Dance. Ada 1,5 miliar orang di dunia terpengaruh oleh gangguan pendengaran dan bahasa isyarat dapat membantu mereka untuk terus menikmati musik yang dapat membawa kegembiraan dalam hidup," ujarnya.

Permission To Dance telah memecahkan rekor. Video musik ini menduduki posisi pertama Trending For Music di YouTube seluruh dunia.(Tel)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sensory Seeker pada Anak, Kenali Ciri-cirinya!
Fun
Sensory Seeker pada Anak, Kenali Ciri-cirinya!

penyakit ini menyerang saraf sensorik di dalam tubuh.

Pameran ‘Revive’ M Bloc Space Kembali Hidupkan Seni
Fun
Pameran ‘Revive’ M Bloc Space Kembali Hidupkan Seni

Pameran ini digelar dengan mematuhi protokol kesehatan ketat yang telah dipersiapkan pihak M Bloc Space,

Nostalgia Seragam Sekolah Ketika Ngilmu Negeri Aing
Fun
Nostalgia Seragam Sekolah Ketika Ngilmu Negeri Aing

Fenomena gaya seragam anak SMA di Negeri Aing.

Latvia Perkenalkan Vending Machine Tes COVID-19 Pertama di Dunia
Fun
Latvia Perkenalkan Vending Machine Tes COVID-19 Pertama di Dunia

Sebuah mesin penjual otomatis yang dapat menerima tes virus COVID-19 telah dipasang di luar rumah sakit Pauls Stradins Clinical University.

5 Rekomendasi Film Buat Merayakan Halloween di Rumah Aja
ShowBiz
5 Rekomendasi Film Buat Merayakan Halloween di Rumah Aja

Netflix menghadirkan beberapa film yang menjadi rekomendasi buat merayakan 31 Oktober.

Kamala Harris Dikritik karena Kenakan Dolce & Gabbana
Fashion
Kamala Harris Dikritik karena Kenakan Dolce & Gabbana

Bukan hanya satu kali, Harris juga mengenakan Dolce & Gabbana di beberapa acara resmi.

Rasakan Sensasi Main Horizon Forbidden West pada 60 fps di Play Station 5
Hiburan & Gaya Hidup
Rasakan Sensasi Main Horizon Forbidden West pada 60 fps di Play Station 5

Selama streaming Gamescom 2021 Opening Night Live.

Benarkah Suntik Vitamin C Lebih Baik dari Suplemen?
Fun
Benarkah Suntik Vitamin C Lebih Baik dari Suplemen?

Pakar menyebutkan suntik vitamin C lebih baik dibandingkan daripada minum suplemen

Gampang Bikin Saus Salted Egg Sendiri di Rumah
Kuliner