'Guna Manusia', Lagu Anyar Barasuara sebagai Bentuk Keresahan akan Lingkungan Barasuara rilis video klip Guna Manusia (foto: barasuara.com)

BARASUARA baru saja merilis video klip terbaru mereka untuk lagu Guna Manusia. Videoklip Guna Manusia ini jadi videoklip pertama yang digarap secara serius oleh Barasuara.

Sebelumnya mereka hanya merilis video lirik saja. Lagu Guna Manusia sendiri sebenarnya sudah diluncurkan sejak September 2018 lalu. Ini nih cerita di balik lagu tersebut.

1. Cerita Guna Manusia

Video Klip Barasuara Guna Manusia
Bentuk keprihatinan terhadap turunnya permukaan daratan (foto: barasuara.com)


Ada kabar gembira nih buat kamu para Penunggang Badai (sebutan untuk fans Barasuara). Band kesayanganmu baru saja merilis video klip untuk lagu teranyar mereka.

Seperti biasa, Guna Manusia diisi dengan lirik yang sarat akan makna. Sang vokalis, Iga Massardi mengatakan bahwa lagu ini jadi bentuk keresahan Barasuara terhadap masalah turunnya permukaan tanah.

Namun menurut mereka, masih banyak orang yang belum mengetahui atau sadar tentang betapa krusialnya problematika ini. Makanya munculah single pertama dari album keduanya Barasuara ini untuk mengingatkan kamu semua tentang pentingnya menjaga alam ini.

2. Inspirasi

Video Klip Barasuara Guna Manusia
Dapatkan inspirasi untuk lagu dari episode Mata Najwa (foto: Instagram@barasuara)


Siapa sangka ternyata sebuah epidose di Mata Najwa menjadi sangat berkesan di hati seorang Iga Massardi? Episode itu membahas tentang turunnya permukaan pesisir DKI Jakarta. Setelah menontonnya, Iga jadi tergerak untuk berbuat sesuatu dan dia lakukan dengan membuat lagu Guna Manusia ini.

Enggak hanya itu, Guna Manusia juga berasal dari perubahan, pikiran, dan perjalanan setiap personel Barasuara. Mereka telah melalui banyak hal dan kehidupan yang berbeda-beda.

Namun semuanya itu digabungkan untuk tujuan yang sama yaitu menyadarkan orang lain tentang betapa kita perlu prihatin dan bagaimana pentingnya persoalan lingkungan tersebut.

3. Perbedaan dengan lagu-lagu sebelumnya

Video Klip Barasuara Guna Manusia
Synthesizer jadi elemen musik baru di lagu Barasuara (foto: Instagram@barasuara)


Nah ada yang berbeda juga nih dengan lagu Guna Manusia jika dibandingkan dengan lagu-lagu Barasuara sebelumnya.

Barasuara berani mengeksplor hal baru untuk album keduanya ini. Dan untuk lagu Gun Manusia, mereka mengemasnya dengan suara synthesizer.

Synthesizer ini memberikan warna baru dalam musik Barasuara. Kalau di album Taifun mereka lebih dominan menggunakan suara dari gitar, di lagu Guna Manusia kamu akan lebih banyak mendengar penggunaan synthesizer dibandingkan petikan gitar.

4. Video klip

Video Klip Barasuara Guna Manusia
Video klip pertama Barasuara berlatar di Jogja dan Antartika (foto: Youtube/Barasuara)


Video klip Guna Manusia ini jadi perbincangan hangat para Penunggang Badai. Bagaimana tidak? Video klip berdurasi kurang lebih empat menit ini adalah satu-satunya video klip yang pernah dibuat oleh grup ini.

Sebelumnya, mereka hanya mengeluarkan lirik video saja. Selain itu, video klip ini punya visual hitam putih yang sangat menarik dan menampilkan tentang keadaan di Yogyakarta dan Antartika.

Jay Subyakto mampu memberikan interpretasi visual yang sangat sesuai dengan makna dari lagu Guna Manusia itu sendiri. Harapannya dengan adanya video ini, semua orang bisa semakin sadar tentang isu pemanasan global dan lingkungan.

Cek video klip terbaru lagu Guna Manusia dari Barasuara di bawah ini:

(sam)



Ananda Dimas Prasetya