Gulung PSPS Pekan Baru, Persija Perkasa di Grup D Piala Presiden Selebrasi gol Marko Simic dalam kemenangan 3-0 Persija Jakarta. (Twitter Persija)

MerahPutih.com - Persija Jakarta membuka kiprah di Piala Presiden 2018 dengan hasil positif. Menghadapi klub kasta kedua atau Liga 2, PSPS Riau dalam partai pertama Grup D di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (19/1) malam, Macan Kemayoran menang dengan skor 3-0.

Hasil ini diperoleh setelah mendapat perlawanan sengit di awal babak pertama. Gawang Macan Kemayoran bergetar pada menit ke-13, beruntung gol PSPS Riau yang diciptakan Osas Saha tak disahkan meski onside.

Tim ibukota baru membuat gol pada menit ke-25. Adalah Marko Simic yang membawa Persija Jakarta memimpin 1-0. Gol dibuat Marko Simic dengan sepakan memutar badan. Bola sepakan kaki kirinya mengarah ke pojok bawah dan tak bisa dihalau.

Persija Jakarta hampir membuat gol lagi pada menit ke-31. Itu setelah Riko Simanjuntak melepaskan umpan silang yang disambut Novri Setiawan dengan kepala. Bola ke arah gawang ditepis kiper PSPS Riau, Ismail Hanafi.

Sundulan Novri Setiawan memaksimalkan umpan lambung Riko Simanjuntak lagi-lagi digagalkan Ismail Hanafi pada menit ke-37. Sementara bola tembakan pada menit ke-38 mentok. Skor 1-0 untuk Persija menutup paruh pertama.

Paruh kedua molor digulirkan. Hujan deras yang membuat lapangan tergenang air menjadi sebab.

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco memasukkan Sandi Sute dan Rohit Chand masing-masing untuk menggantikan Asri Akbar dan Nugroho Fatchu Rochman pada menit ke-46. Pergantian juga dilakukan pelatih PSPS, Jafri Sastra di mana salah satunya memasukkan Abanda menggantikan Osas Saha.

Macan Kemayoran mencetak gol kedua pada menit ke-52 setelah wasit menunjuk titik putih dua menit sebelumnya setelah Riko Simanjuntak dilanggar Ismain Hanafi. Ismed Sofyan yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya.

Persija Jakarta terus mencoba mencetak gol lain. Sementara PSPS Riau masih kesulitan.

Pada menit ke-60, bola sundulan Marko Simic kena mistar. Adapun bola sundulan Maman Abdurahman diblok.

Stefano Cugurra Teco kemudian memainkan Bambang Pamungkas dan Ahmad Syaifullah menggantikan Marko Simic dan Riko Simanjuntak. Menyusul kemudian Vava Mario Yagalo dan Dany Saputro, yang masuk menggantikan Maman Abdurahman dan Valentino Telaubun.

Persija mencetak gol ketiga pada menit ke-86. Bola umpan lambung yang diterima dengan dada langsung diceploskan Bambang Pamungkas dan tak mampu diantisipasi.

Skor 3-0 menutup pertandingan. Hasil ini membuat Persija Jakarta sementara memuncaki klasemen Grup D dengan tiga poin.

Jumlah poin Ismed Sofyan dkk. sama dengan Bali United, namun unggul dalam selisih gol. Bali United menempati peringkat kedua setelah menang 3-2 atas Borneo FC, yang berada di tempat ketiga. Adapun PSPS harus puas di dasar Grup D.

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Rizky Darmawan, Ismed Sofyan, Maman Abdurahman, Jaimerson da Silva Xavier, Valentino Telaubun, Asri Akbar, Nugroho Fatur Rochman, Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Novri Setiawan, Marko Simic

PSPS Riau: Ismail Hanafi, Eriyanto, Syaiful Anwar, Wahyu K., Syaeful Ramadhan, Victor Pae, M. Alfuad, Firman Septian, Ichsan Pratama, Rendi Saputra, Osas Saha. (*)



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH