Teknologi

Jangan Pinjamkan Charger!

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 06 Agustus 2018
Jangan Pinjamkan Charger!
Jangan anggap enteng charger. (Foto: Pixabay/ReadyElements)

KEBANYAKAN orang lebih memperhatikan perawatan ponsel daripada chargernya. Ya, benar sekali charger merupakan hal penting bagi kelangsungan hidup ponsel kamu. Karena itu sangat penting kamu merawat charger agar tidak cepat rusak.

Masalahnya charger bawaan ponsel kamu adalah yang terbaik untuk ponsel kamu. Sayang jika kamu beli charger baru kalau rusak. Sebab harga charger original kurang bersahabat. Lebih baik isi kuota daripada beli charger baru bukan?

Nah, merahputih.com kali ini akan membagikan tips kepada kamu untuk menjaga charger ponsel kamu agar tidak cepat rusak. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Charger original

Jagalah charger original bawaan pabrik. (Foto: Pixabay/Pexels)

Sering tentunya kamu pinjam meminjam charger ponsel dengan teman kamu. Bahkan jika tipe ponsel kamu berbeda. Sebenarnya hal ini buruk untuk charger kamu karena tegangan dan arus yang dibutuhkan setiap ponsel berbeda. Sehingga potensi charger rusak lebih besar jika digunakan untuk tipe ponsel yang berbeda.

2. Cabut dari stop kontak

Jangan digunakan untuk tipe ponsel yang berbeda (Foto: Pixabay/StockSnap)

Bisa dibilang kamu teledor. Jangan malas mencabut charger dari stop kontak saat tidak diguanakan. Pasalnya arus listrik yang mengalir ke charger membuat charger kamu panas. Bisa dibayangkan jika kamu tetap mencoloknya di stop kontak. Komponen aktif tetap bekerja selama disambungkan, bisa-bisa komponen di dalamnya terbakar.

3. Gulung kabel dengan benar

Selalu merapihkan kabel dengan baik. (Foto: Pixabay/pagefact)

Rapikan kabel charger setelah pemakaian. Tapi jangan sembarangan. Kamu boleh menggulung kabel asal caranya benar. Pisahkan kabel charger kamu dari kepala charger. Baru gulung kabel dengan cara melingkar, jangan sampai ada yang tertekuk ya.

4. Charger pasti rusak

Charger yang tercolok semalaman akan rusak. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Semalaman mengisi daya baterai ponsel membuat baterai ponsel kamu cepat rusak. Selain itu, charger kamu pun bakal ikut rusak. Sebab aliran listrik yang masuk terlalu berlebihan. Jadi isi baterai ponsel secara teratur ya.

Sahabat Merah Putih, jaga selalu pemakaian charger kamu ya! (ikh)

Baca juga: Solusi Cepat Mengisi Daya Ponsel

#Ponsel
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan