Gulai Taboh Sajian Utama Warisan Leluhur Suku Lampung Gulai taboh khas Lampung. (Foto: instagram @pondokuring))

LAMPUNG terletak di ujung selatan Pulau Sumatra. Provinsi ini merupakan daerah yang multietnis. Hal itu juga memengaruhi kekayaan kuliner di sana.

Melancong ke Lampung tak melulu disuguhi wisata-wisata alam. Meski tak sepopuler kuliner dari Sumatra Barat, sebetulnya banyak sajian khas Lampung yang enak dan menjadi incaran para pelancong.

Salah satunya ialah gulai taboh yang merupakan warisan makanan khas Bumi Ruwa Jurai. Gulai taboh merupakan sejenis sayur yang mirip dengan lodeh di daerah lain. Rasanya terkenal sangat gurih.


1. Warisan leluhur suku Lampung

Gulai taboh khs Lampung. (Foto: instagram.com/niamarhena)
Gulai taboh khas Lampung punya tampilan mirip sayur lodeh. (Foto: instagram.com/niamarhena)


Gulai taboh menjadi salah satu sayur pendamping sebagai sajian menu utama dalam budaya santap masyarakat Lampung.

Hidangan ini terlihat mirip dengan hidangan sayur lodeh di daerah lain. Yang bikin sajian ini beda ialah penggunaan ikan sebagai bahan dasarnya dan bumbu-bumbu rempah.

"Salah satu menu makanan khas Lampung yang terkenal dan merupakan bagian dari leluhur suku Lampung sejak dulu yang masih bertahan hingga kini ialah gulai taboh," kata Sopiah, salah satu chef di restoran makanan khas Lampung, yaitu Cikwo Resto & Coffee, di Bandar Lampung, seperti dilansir Antara.


2. Ada dua jenis gulai taboh

Gulai taboh khas Lampung. (Foto: instagram.com/niamarhena)
Gulai taboh khas Lampung. (Foto: instagram.com/niamarhena)

Ada dua jenis gulai taboh, yaitu gulai taboh yang menggunakan bahan dasar ikan laut dengan tambahan sayuran daun tangkil, kacang panjang, dan rebung. Ada juga gulai taboh yang menggunakan ikan sungai dengan campuran tuba (keluwek) dalam proses memasaknya.

"Di resto, kami menghidangkan gulai taboh jenis tapa semalam," ujarnya. Gulai taboh tapa semalam adalah hidangan ikan asap dengan bumbu bersantan kental yang berasal dari pesisir Lampung.

Daging ikan yang telah diasap menggunakan sabut dan batok buah kelapa. Metode pematangan ikan tersebut membuat rasa ikan menjadi unik dan khas. Pengasapan yang lama inilah menjadikan masakan disebut gulai taboh tapa semalam, karena harus 'bertapa' atau diasapi selama 6 jam dan bahkan lebih untuk menimbulkan citarasa yang lebih kuat. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Sajian Cita Rasa Arab Mulai Merambah Dunia Kuliner Tanah Air

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH