Gugus Tugas Ungkap Lima Langkah Cegah Penyebaran Corona Pakar dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu (18/3/2029) (ANTARA/Prisca Triferna)

MerahPutih.com - Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan lima langkah yang perlu dilakukan masyarakat dalam mencegah penyebaran virus corona.

"Yang pertama adalah jaga jarak dengan orang lain, dilarang jabat tangan, cuci tangan, hindari kerumunan. Terakhir adalah pakai masker di tempat ramai ," kata Wiku saat konfrensi pers, di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (18/3).

Baca Juga

Tekan Penyebaran Corona, Pemerintah Terbitkan Protokol Transportasi Publik

Wiku menerangkan, pihaknya akan terus mengingatkan masyarakat terkait lima cara untuk meminimalisir penyebaran virus corona.

Masyarakat, kata Wiku, perlu memahami cara tersebut. Sebab, untuk melawan virus yang berasal dari Wuhan Tiongkok itu hanya dapat dilakukan oleh masyarakat sendiri.

"Masyarakat sendirilah yang bisa menghadapi. Kami ini tidak bisa menangani seluruh Indonesia sendirian. Kalau boleh kami katakan ini adalah kita perang bersama. Untuk perang bersama, kenali lawan," jelas dia.

Wiku berharap apabila masyarakat mengetahui cara menangkal virus corona, tingkat penurunan terjangkit virus tersebut dapat terjadi. Sebab, proses penularan virus tersebut dapat dikendalikan dengan baik.

"Dengan edukasi masyarakat harapannya kasusnya bisa menurun cukup drastis. Karena penularannya terkendali," kata dia.

Sebelumnya, pemerintah telah menyampaikan adanya penambahan pasien positif terinfeksi virus corona sebanyak 38 kasus. Dengan demikian, total pasien positif korona menjadi 172 kasus per Selasa (17/3).

Baca Juga

MPR Ungkap Jokowi Sebetulnya Punya Dana Tes Corona Massal Gratis Rp128 T

Sebanyak 12 kasus, didapat pada Senin (16/3) malam. Sedangkan 20 kasus lainnya, diperoleh dari hasil pemeriksaan spesimen Balitbangkes. Sementara, 6 kasus lainnya didapat dari hasil pemeriksaan spesimen oleh Universitas Airlangga.

Dari 172 kasus itu, 9 dinyatakan sembuh dan 7 meninggal dunia. Dengan demikian, masih ada 156 kasus yang terinfeksi virus corona. Wilayah DKI Jakarta masih menempatkan daerah yang paling tinggi penyebaran virus corona. (Pon)

Kredit : ponco


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH