Drone Penyemprot Disinfektan COVID-19 Mulai Diuji Coba di Jaksel Petugas mengoperasikan 'drone' untuk melakukan penyemprotan disinfektan di jalan protokol di wilayah Jakarta Selatan, Jumat (27/3/2020) (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan)

Merahputih.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) melakukan uji coba penyemprotan disinfektan menggunakan pesawat tanpa awak (drone) di areal trotoar dan fasilitas Jalan Sudirman dan Gatot Subroto, Jumat (27/3).

Kepala Dinas Potensi Kedirgantaraan TNI AU, Marsma TNI Basuki Rochmat menjelaskan, penyemprotan disinfektan menggunakan drone menyasar wilayah-wilayah yang sulit dijangkau armada mobil Damkar dan Sudin Lingkungan Hidup, seperti daerah tinggi dan pemukiman sempit.

Baca juga:

Pandemi COVID-19 Tidak Halangi Proses Produksi Doctor Strange 2

Drone yang digunakan berjenis Agra tipe terbaru, memiliki kapasitas 10 hingga 16 liter cairan disinfektan, diujicobakan TNI Angkatan Udara dan Federas Aero Sport Indonesia (FASI) bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Hari ini adalah program uji coba di sekitar jalan protokol di Jakarta Selatan dengan drone Agras tipe terbaru dari produksi drone," kata Basuki di Jakarta, Jumat (27/3).

Menurut Basuki, uji coba penyemprotan disinfektan menggunakan drone cukup berhasil, sehinggga komunitas drone di Jakarta bisa meneruskan kegiatan tersebut guna membantu pemerintah dalam penanganan pencegahan COVID-19.

View this post on Instagram

Jumat (27/3) Persiapan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan drone di Jl. Sudirman. via @ii.karo13 #jktinfo

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo) on

Dengan peran serta semua pihak, kata dia, diharapkan tidak ada lagi penambahan korban jiwa akibat pademi COVID-19.

"Kalau kita bersama-sama menangani kita akan menang melawan COVID-19," tegas jenderal bintang satu TNI AU itu.

Penyemprotan menggunakan drone dilakukan tergantung permintaan dari Pemerintah Kota Jaksel. Dikutip Antara, penyemprotan disinfektan di trotoar protokol Jaksel juga melibatkan petugas dari Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) menggunakan mobil 'roadsweeper'

Adapun, uji coba penyemprotan dengan drone rencananya juga bakal dilakukan di Bunderan Hotel Indonesia Jakarta Pusat Sabtu (28/3), kawasan Kota Tua Jakarta Utara Minggu (29/3), serta di Citra Grand Jakarta Barat lusa siang. (*)

Baca juga:

Mirip Corona, Film-Film Kisahkan Virus yang Menghancurkan Kota



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH