Gugup lalu Mual, Ini Penjelasan dan Tips Mengatasinya Kamu tidak bisa menghindari rasa gugup tersebut. (Foto: Parade)

PERNAHKAH kamu merasa gugup hingga mual ketika akan berhadapan dengan satu atau banyak orang? Ya, entah bagaimana tubuhmu akan merasa tidak enak dan pikiran pun menjadi gelisah. Alhasil, apa yang sudah kamu persiapkan sebelumnya mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi.

Namun, tahukah kamu bahwa rasa gugup, cemas, atau tegang akan langsung berdampak bagi tubuh? Setiap orang biasanya akan menunjukkan reaksi yang berbeda ketika gugup menyerang, bahkan sampai ada yang ingin muntah. Apa hubungannya rasa gugup dengan perut? Bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga:

Kegelisahan dan Depresi Meningkat Karena Pandemi COVID-19

Mengutip Hellohsehat, gugup bisa disebabkan oleh berbagai situasi dan kondisi, tidak hanya ketika kamu tampil di hadapan orang banyak. Bahkan tanpa kamu sadari, rasa gugup dan cemas bisa muncul dan menyebabkan mual tiba-tiba.

Gugup lalu Mual, Simak Penjelasan dan Tips Mengatasinya
Tubuh ternyata memproduksi hormon katekolamin. (Foto: Insider)

Salah satu kondisinya adalah berada di tempat umum yang asing. Misalnya, ketika kamu harus pergi ke sebuah acara padahal kamu tidak kenal engan orang-orang yang akan hadir, bekerja di kantor baru, atau pindah sekolah. Di lingkungan asing, wajar saja jika kamu merasa canggung dan malu.

Selain itu, momen deg-degan yang biasanya kamu rasakan adalah ketika menanti saat yang ditunggu-tunggu. Tidak sabar menghadapi momen tertentu bisa membuat perutmu berontak.

Umumnya orang-orang merasa mual karena gugup setengah mati ketika istrinya sedang melahirkan, sedang merencanakan pernikahan, atau bertemu untuk pertama kalinya dengan gebetan.

Gugup lalu Mual, Simak Penjelasan dan Tips Mengatasinya
Tidak hanya ketika bertemu dengan banyak orang. (Foto: Unsplash/Road Trip with Raj)

Lalu, apa hubungan antara rasa gugup dan perut mual? Saat merasa gugup, tubuh akan memproduksi hormon katekolamin dan adrenalin dalam darah.

Hormon ini berfungsi untuk menyiapkan tubuh agar bisa bekerja lebih keras karena adanya ancaman yang membuatmu gugup.

Akibatnya, ada beberapa fungsi tubuh yang dianggap kurang berperan dalam melindungi diri akan diistirahatkan, salah satunya sistem pencernaan.

Gugup lalu Mual, Simak Penjelasan dan Tips Mengatasinya
Coba tarik napas dalam-dalam. (Foto: Unsplash/Ayo Ogunseinde)

Sementara itu, karena tubuh jadi menegang dan bersia-siap untuk menghadapi ancaman, beberapa otot akan berkontraksi. Otot perutmu pun akan turut berkontraksi dan mengencang. Hal ini berisiko menekan perutmu sehingga muncul rasa mual seperti ingin memuntahkan sesuatu.

Kamu tidak bisa mengendalikan atau menghentikan tubuh dari proses bertahan dari ancaman, meskipun ancaman yang sebenarnya kamu hadapi bersifat psikologis, bukan fisik.

Baca juga:

Intip Cara Mengatasi Gangguan Panik

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kamu atasi ketika sedang mual karena gugup. Di antaranya:

1. Hindari makanan berat

2. Menarik napas dalam-dalam

3. Mengalihkan perhatian

4. Membayangkan hal-hal positif

5. Bersifat apa adanya

(and)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH