Gugun Blues Shelter Geram dengan Pembajakan Musik Personil Gugun Blues Shelter (kiri ke kanan) Bowie, Gugun, dan Jono berfoto bersama saat jumpa fans di Kopitiam, Malang, Jawa Timur, Jumat (10/4). (Foto Antara/Ari Bowo Sucipto)

MerahPutih, Musik-Pembajakan lagu-lagu membuat geram band Gugun Blues Shelter. Apalagi tindakan yang dilakukan itu membuat industri musik tanah air semakin lesu. 

Pentolan Gugun Blues Shelter, Gugun mengaku resah dengan maraknya aksi pembajakan karya musisi ini. 

"Kita mengharapkan album ini dibeli sama orang. Soalnya industri musik tidak tertolong. Kita berharap album ini tidak hanya dibeli tapi juga menginspirasi," kata Gugun mengawali percakapan kepada Merahputih.com saat ditemui sebelum manggung di Plaza Tenggara Senayan, Minggu (30/8). 

Gugun mengatakan menaruh harapan kepada pemerintah, terutama menghadapi aksi pembajakan musik. Ia berharap pemerintah menindak tegas para pembajak karya para musisi ini. "Kita hanya berharap pemerintah menjalankan tuganya dengan baik," ujarnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada Kapolri untuk menangkap dan menutup industri pembajak agar musik Indonesia dapat tumbuh sehat dan pesat.   

"Saya perintahkan Kapolri atasi masalah ini dengan serius. Kalau pembajakannya berlangsung terus-menerus, mestinya penegakan hukumnya juga terus menerus," katanya di depan pengurus Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) dan Persatuan Artis Penyanyi dan Pencipta Lagu RI (PAPRI) di Istana Negara, Jakarta, Senin (18/5), seperti dikutip dari laman Setkab.go.id. Jokowi meminta penindakan langsung ke sumbernya, jangan hanya ke pedagang kaki lima.  

Pembajakan Musik sudah berlangsung selama puluhan tahun. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti berdalih sulit melakukan penegakan hukum karena pembajakan hak cipta musik termasuk delik aduan. (Rky)

Baca Juga:

Gugun Blues Shelter Rilis Album Kedelapan

Rilis Album Baru, Motorhead Sabet Penghargaan

Ariana Grande Akhiri Konser Jakarta dengan "Problem"


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH