Gugat Paloh, Eks Wantim NasDem Pertanyakan Kongres yang Tak Kunjung Digelar Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay

MerahPutih.com - Konflik internal Partai NasDem semakin memanas setelah mantan Anggota Dewan Pertimbangan Partai Nasdem, Teddy Setiawan mempertanyakan Kongres tak kunjung digelar.

Menurutnya, partai besutan Surya Paloh itu baru sekali menggelar kongres pada 2013. Padahal, sesuai AD/ART kongres dilakukan tiap lima tahun sekali.

mantan Anggota Dewan Pertimbangan Partai Nasdem, Teddy Setiawan saat bersaksi di sidang gugatan Partai Nasdem di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (21/3). Foto: Ist

"Itu sudah suatu kewajiban di dalam AD/ART bahwa kepemimpinan dari pada baik di DPD, Dewan Pertimbangan, Dewan Pakar dan DPP harus dilaksanakan 5 tahun sekali," ujar Teddy saat bersaksi di sidang gugatan Partai Nasdem di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (21/3).

Teddy dipecat dari Anggota Dewan Pertimbangan pada 2017. Tetapi, dirinya enggan membalas surat pemecatan tersebut karena masih menunggu kongres yang rencananya akan diselenggarakan pada Maret 2019.

"Kongres akan dilakukan tanggal 6 Maret 2018 sesuai dengan ketentuan di Menkumham," kata Teddy.

Namun, hingga Maret ini, kongres belum juga digelar. Pasalnya, Teddy ingin menanyakan terkait pemecatannya dari dewan pertimbangan.

"Seharusnya DPP yang harus mempersiapkan bersama DPW mempersiapkan kongres," tegasnya.

Sebelumnya, masa jabatan Ketum NasDem Surya Paloh digugat ke PN Jakpus. Kader Nasdem, Kisman Latumakulita selaku penggugat mengatakan masa jabatan Paloh mestinya berakhir pada 6 Maret 2018.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Merujuk pada AD/ART Nasdem, diatur bahwa DPP, mahkamah partai, dan Dewan Pertimbangan Partai dipilih untuk jangka waktu lima tahun.

Sementara, Paloh telah menjabat sebagai ketum sejak terpilih dalam Kongres Nasdem pada Februari 2013. Kepemimpinannya kemudian disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM yang saat itu dijabat Amir Syamsudin pada 6 Maret 2013. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH