Fashion

Guess Comot Karya Seni Banksy tanpa Izin

Febrian AdiFebrian Adi - Jumat, 25 November 2022
Guess Comot Karya Seni Banksy tanpa Izin
Guess pakai karya Bansky tanpa izin. (Foto: Instagram/@banksy)

SENIMAN graffiti dengan identitas yang dikenal anonim, Banksy, mengecam merek fesyen Amerika Serikat, Guess. Kecaman itu dilontarkan setelah Guess menggunakan karya seni jalanan Bansky tanpa meminta izin terlebih dahulu.

Kecaman tersebut dilontarkan Bansky melalui unggahan di Instagram, Jumat (18/11). Bansky membagikan foto etalase toko Guess di Regent Street London. Terlihat dalam unggahan tersebut t-shirt dan jaket yang dicetak dengan motif yang dapat dikenali, termasuk Bank’s Thug for Life Bunny. Tak hanya itu, cetakan gambar ikonik Banksy, yakni ketika seorang pria melempar, dipajang menjadi latar di etalase tersebut.

Baca juga:

Heboh Jelang Natal, Street Artist Misterius Banksy Kembali Bikin Kejutan!

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Banksy (@banksy)

“Perhatian kepada semua pengutil. Silakan datangi Guess di Regents Street. Mereka telah memperkaya diri mereka sendiri untuk karya seni saya tanpa izin, bagaimana bisa salah bagi kamu untuk melakukan hal yang sama pada pakaian mereka,” ujar Bansky

Kabarnya, koleksi baru ini merupakan kemitraan dengan Brandalised, sebuah perusahaan yang memiliki lisensi untuk menjual memorabilia Banksy kepada para penggemar.

Saat menanggapi unggahan Bansky, Guess memiliki pernyataan yang bertolak belakang. Guess melalui juru bicaranya, Paul Marciano, mengatakan, “Graffiti Bansky memiliki pengaruh fenomenal yang beresonasi di seluruh budaya populer. Koleksi terbaru yang berkolaborasi dengan Brandalised merupakan cara bagi fesyen untuk menunjukkan rasa terima kasih kami.”

Baca juga:

Masih Berstatus 'Curian', Karya Banksy Dilelang Senilai Rp18 M

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Banksy (@banksy)

Perusahaan itu sudah memamerkan koleksi yang menampilkan karya-karya Banksy di media sosial, setidaknya sejak Oktober 2022. Guess hingga kini belum mengomentari kecaman keras dari Banksy. Namun karena postingan terbaru ini, Guess terpaksa harus menutup tokonya dan menutupi tampilan dengan keamanan yang terlihat ditempatkan di luar.

Awal pekan kemarin, Banksy mengonfirmasi bahwa dia baru-baru ini melakukan perjalanan ke Ukraina yang dilanda perang untuk membuat tujuh mural baru. Dalam video yang dibagikan di Instagram-nya, Banksy menunjukkan pesenam perempuan sedang menyeimbangkan tumpukan puing di sisi sebuah bangunan yang dihancurkan Rusia.

Dalam video yang dibagikan di Instagram-nya, Banksy menunjukkan perjalanannya ke kota Borodianka, seperti menunjukkan pesenam perempuan sedang menyeimbangkan tumpukan puing di sisi sebuah bangunan yang dihancurkan Rusia.

Pada unggahan lainnya, terlihat seorang pria dengan kemiripan yang cukup eksentrik dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, sedang dibalik dalam pertandingan judo dengan seorang anak. (far)

Baca juga:

Seniman Terkenal di Balik Sampul Album Musik Legendaris

#Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan