Gubernur Zola: MTQ Momentum Tumbuhkan Semangat Baca Alquran

Yohannes AbimanyuYohannes Abimanyu - Senin, 07 Agustus 2017
Gubernur Zola: MTQ Momentum Tumbuhkan Semangat Baca Alquran
Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli (kiri). (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

MerahPutih.com - Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) adalah momentum menumbuhkembangkan semangat membaca dan menjalankan ajaran Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya menaruh perhatian yang serius dalam upaya peningkatan animo masyarakat membaca Alquran dan menjadikan Al-quran sebagai nafas serta pegangan hidup yang hakiki dalam berkepribadian," kata Zola pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2017 tingkat Provinsi Jambi di Muarasabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Minggu (6/8).

Zola mengatakan, tujuan dilaksanakan MTQ7 selain untuk prestasi bagi kafilah juga sebagai syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Alquran.

"Semua dilakukan untuk penyejuk hati dalam melafalkan ayat-ayat Alquran agar dapat ditularkan dalam kehidupan bermasyarakat yang sejuk dan damai serta menjauhi perkataan yang mencela orang lain dan mengabaikan sopan santun," ujarnya.

MTQ yang selenggarakan, kata Zola merupakan bentuk kecintaan kita terhadap kitab suci Alquran serta akan memperkokoh rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Semua mengetahui Alquran berisikan wahyu dari Allah yang mengandung nilai sastra dan seni yang sangat tinggi, untuk itu umat Islam dianjurkan untuk membaca Alquran dengan suara yang merdu serta mengekspresikan nilai kesenian dan keindahan," katanya lagi.

Bagi qori dan qoriah peserta lomba, Zola berharap agar dapat mengikuti semua rangkaian pelaksanaan kegiatan yang telah ditentukan agar hasil yang didapat benar-benar hasil proses seleksi yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

"Kepada dewan hakim dan dewan juri, saya berpesan untuk menjaga amanah yang telah diberikan," tegasnya.

Selain itu, Zola memberikan semangat bagi seluruh kafilah dan berharap agar seluruh rangkaian kegiatan sukses sampai MTQ selesai.

"Niat kita bersama adalah sebagai syiar Islam dan lebih lagi untuk mencintai Alquran," katanya menambahkan.

Adapun pelaksanaan MTQ ini bertujuan untuk membumikan nilai-nilai Islam dan menumbuhkembangkan minat umat Islam dalam membaca ayat-ayat Alquran serta kecintaan umat Islam terhadap Alquran dan memahami serta mengamalkannya, sebagai pedoman akhlak dan moral.

"Semangat Alquran mempunyai nilai-nilai toleransi dan harmoni yang saat ini sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia, sebagai penuntun yang sangat tepat dalam keragaman umat beragama untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI," kata Kepala Kantor Perwakilan Kementerian Agama Provinsi Jambi, H M. Thaher. (*)

Sumber: ANTARA

#Jambi #MTQ #Gubernur Jambi Zumi Zola
Bagikan
Ditulis Oleh

Yohannes Abimanyu

Wonderful Indonesia, Pesona Indonesia dan pesona gw adalah satu
Bagikan