Gubernur Sumatera Selatan Bubarkan Satgas Kebakaran Hutan Kepulan asap dari pembakaran hutan untuk membuka lahan perkebunan. (ANT)

MerahPutih.com - Satuan Tugas pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Sumatera Selatan resmi dibubarkan pada akhir Oktober 2018 berdasarkan surat keputusan yang dibuat Gubernur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah menjelaskan berdasarkan kondisi cuaca dan sekaligus memang Status Siaga Darurat sudah berakhir terhitung tanggal 31 Oktober 2018 maka untuk sementara satgas dibubarkan.

"Apalagi bila melihat juga kondisi titik panas sudah stabil tidak terjadi kebakaran hutan dan dan ke depan sudah masuk musim penghujan jadi satgas untuk sementara dibubarkan," kata Wakil Komandan Satgas itu, dilansir Antara, Kamis (1/11).

titik api
Titik api kebakaran hutan. Foto: ANT

Iriansyah menambahkan untuk sementara Posko pencegahan kebakaran hutan dan lahan ditutup tetapi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah terkait tetap siaga di instansi masing-masing seperti BPBD, Kehutanan, Pertanian dan Perkebunan.

"Namun walaupun status siaga sudah ditutup tetapi di kabupaten yang yang rawan kebakaran hutan dan lahan petugas tetap siaga untuk mencegah dan menanggulangi bila terjadi kebakaran," tandas pejabat Pemprov Sumsel itu. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH