Gubernur Pastika Hadiri Hari Pattimura Ke-200

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 21 Mei 2017
Gubernur Pastika Hadiri Hari Pattimura Ke-200
Gubernur Bali I Made Mangku Pastika. (FB/Made Mangku Pastika)

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika menghadiri peringatan Hari Pattimura ke-200 yang digelar Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) Bali di Pantai Kuta, Sabtu (20/5) malam.

Peringatan Hari Pattimura kali ini mengusung tema "Dengan Perayaan Hari Pattimura ke-200 Kita Perkokoh Jati Diri Kita Sebagai Bangsa Indonesia yang Beradab dan Bermartabat".

Pada perayaan tepat dua abad tersebut, Gubernur Pastika menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar IKEMAL Bali yang telah turut serta dalam pembangunan di Provinsi Bali mewujudkan Bali yang aman damai dan sejahtera.

Selain itu menjunjung filosofi "Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung", yang dikembangkan dalam perilaku "Menyama Braya" dengan seluruh komunitas lainnya di Bali.

"Saya mengapresiasi warga Bali keturunan Maluku yang tergabung dalam IKEMAL, yang telah menyelenggarakan acara yang sangat relevan dengan situasi terakhir untuk kita menyatakan kembali komitmen akan persatuan dan kesatuan. Bahwa kita semua memang 'basodara' dan kedepan membangun negeri ini dengan semangat Pattimura pantang menyerah maju terus pantang mundur," kata Pastika.

Pastika menegaskan, nilai-nilai perjuangan Thomas Matulessy yang dinobatkan menjadi Kapitan Pattimura dalam mempertahankan harkat dan martabat rakyat Maluku yang dijajah oleh Inggris dan Belanda masih sangat relevan untuk saat ini.

Sumber: ANTARA

#Maluku #Bali #Pahlawan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan