Gubernur Kepri Dikarantina, Istana Yakin Pelantikan Sesuai Protokol Pelantikan Gubernur Kepri. (Foto: setkab.go.id).

MerahPutih.com - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto menjalani karantina mandiri karena diduga terkena COVID 19. Belum lama ini, ia menjalani pelantikan di Istana Negara. Tetapi, Istana memastikan pelantikan digelar dalam protokol kesehatan yang ketat dan Isdianto dinyatakan negatif COVID-19 sebelum dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, pihaknya telah melakukan uji swab terlebih dahulu baik kepada Isdianto, keluarganya, maupun pejabat terkait yang hadir secara terbatas pada saat pelantikan.

"Kami sudah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, yaitu Gubernur Kepulauan Riau, keluarga, dan pejabat terkait pada saat hadir dilakukan swab di Jakarta," ujar Heru kepada wartawan, Sabtu (1/8).

Baca Juga:

(HOAX atau FAKTA) : Sindikat Penipuan Paramedis, Alat Tes Suhu di Kening Jadi Proyek saat Pandemi

Ia menambahkan, selama prosesi pelantikan berlangsung, pihak Setpres juga meminimalkan kontak langsung antara Jokowi dan Isdianto yang saat itu akan dilantik. Selain itu, Jokowi tidak menyerahkan langsung petikan keppres pengangkatan jabatan Isdianto.

"Tetapi sudah disiapkan di satu meja, tidak jauh dari berdirinya Gubernur Kepulauan Riau, dan Gubernur Kepulauan Riau mengambil sendiri berkas itu," kata Heru.

Ia mengklaim, hal itu sudah sesuai dengan protokol kesehatan dan menjaga kondisi-kondisi protokol kesehatan dengan ketat. Selain itu, sejumlah protokol kesehatan lainnya juga diterapkan secara ketat di lingkungan Istana Kepresidenan, utamanya selama prosesi pelantikan berlangsung seperti memakai masker dan jaga jarak.

"Saat pelantikan, kami tidak banyak mengundang para pejabat dan hanya dihadiri oleh keluarga dan pejabat tertentu," sebut Heru.

Heru menjelaskan, Isdianto melakukan swab test pada hari Minggu, 26 Juli 2020. Kemudian, ia resmi dilantik sebagai Gubernur Kepri pada hari Senin, 27 Juli 2020.

"Setelah dari istana, gubernur ada kegiatan lainnya di luar istana saya tidak tahu. Swab nya di lakukan di Jakarta kalau tidak salah hari sabtu. Cek lagi saya lupa harinya ya.Yang jelas saya minta di swab di Jakarta," pungkasnya.

Gubernur Isdianto diketahui melakukan swab tenggorokan pada Rabu 29 Juli, di Rumah Sakit Awal Bros Batam. Isdianto diharuskan menjalani swab tenggorokan setelah salah seorang ajudannya terkonfirmasi positif COVID-19.

Hingga hari ini, Isdianto masih menjalani karantina mandiri di rumah dinasnya di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Salah seorang ajudan Gubernur Kepri inisial DPS dinyatakan terpapar virus Corona setelah Isdianto dilantik menjadi Gubernur Kepri definitif oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Senin 27 Juli.

DPS termasuk yang ikut ke Jakarta, namun tidak ikut masuk ke Istana Negara mengikuti prosesi pelantikan Isdianto. (Knu)

Baca Juga:

Pemerintah Minta Pemudik Idul Adha Tidak Balik Jakarta Pada Minggu


Tags Artikel Ini

Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH