MoU Gubernur Jabar dan Wallonia, Soal Apa ya?

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Kamis, 12 Oktober 2017
MoU Gubernur Jabar dan Wallonia, Soal Apa ya?
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Antara foto)

MerahPutih.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali menjalin kerjasama dengan negara lain. Kali ini, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) bersama Presiden Menteri Wallonia Region Kerajaan Belgia Mr. Willy Borsus, resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Kerja Sama Provinsi Bersaudara di The Elysette, Namur atau Kantor Presiden Menteri Wallonia.

Bidang-bidang kerja sama yang disepakati antara lain pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertanian, perkebunan, peternakan, peningkatan perdagangan, investasi, pariwisata, peningkatan teknis, manajemen pemerintahan, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Aher mengatakan, bagi Jawa Barat, kerja sama bersaudara dengan Wallonia Region merupakan peluang yang sangat besar utamanya bagi peningkatan akses pasar produk-produk unggulan Jawa Barat ke Negara-negara Uni Eropa serta sebagai sumber investasi asing.

“Sedangkan bagi Belgia, Jawa Barat menawarkan peluang pasar yang sangat besar, sumber tenaga kerja berkualitas dan sebagai pemasok bahan mentah maupun setengah jadi dikarenakan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh Jawa Barat,” katanya dalam rilis yang dikirim kepada MerahPutih.com, Kamis (12/10).

Kedua pihak berharap, penandatanganan MoU ini dapat segera ditindaklanjuti dengan Rapat Kerja Bersama (Joint Working Group Meeting) yang akan melibatkan dukungan yang besar dari para pemangku kepentingan strategis lainnya seperti Pemerintah Pusat, entitas bisnis, akademisi, oraganisasi non-pemerintah, dan masyarakat.

Turut hadir mendampingi Gubernur Jawa Barat dalam penandatangan MoU tersebut Anggota Komisi I DPRD Prov. Jabar Imas Noeraini, Anggota Komisi II DPRD Prov. Jabar Kusnadi, Anggota Komisi III DPRD Prov. Jabar Gina Fadila Swara, Anggota Komisi IV DPRD Prov. Jabar Asyanti Rozana Thalib, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jabar Koesmayadi Tatang Padmadinata, Asisten Daerah Bidang Administrasi Setda Jabar Solihin, Kepada Dinas Perhubungan Prov. Jabar Dedi Taufik, dan Dirut Bank BJB Ahmad Irfan.

Setelah upacara penandatanganan MoU tersebut, Gubernur Jawa Barat dijadwalkan akan menjadi pembicara dengan tema 'The Role of Provincial Government in Promoting Sustainable Cities in West Java Province to the Walloon Side (Companies and Institutional)' pada acara Business Forum dengan entitas bisnis dari Wallonia di bidang pariwisata, perdagangan dan investasi. Hal ini dalam rangka mengeksplorasi peluang kerja sama strategis antar kedua daerah.

Rangkaian kunjungan Gubernur Jawa Barat di Wallonia akan ditutup dengan kunjungan ke Peternakan Belgian Blue dan Liege University dalam rangka menjajaki peluang kerja sama bidang peternakan malalui persilangan bibit sapi Belgian Blue dengan sapi lokal Jawa Barat yaitu Sapi Pasundan. Jenis sapi Belgian Blue merupakan ras unggul dengan kualitas daging yang sangat baik di Eropa. Kerja sama bidang peternakan ini merupakan salah satu agenda prioritas untuk memenuhi kebutuhan domestik masyarakat Jawa Barat akan pasokan sapi pedaging. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Yugi Prasetyo, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Menteri Susi Khawatir Bencana Besar Mengintai Pangandaran

#Aher #Ahmad Heryawan #Jawa Barat #Belgia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan