Gubernur Ganjar Beri Lampu Hijau Buka Wisata Candi Borobudur

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 10 Juni 2020
Gubernur Ganjar Beri Lampu Hijau Buka Wisata Candi Borobudur
Candi Borobudur. (Foto: MP/TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah telah memberikan izin kepada pengelola Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), untuk pembukaan destinasi wisata. Namun demikian, perlu dilakukan simulasi terlebih dulu sebelum benar-benar dibuka bagi wisatawan umum.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengungkapkan adanya simulasi tersebut bisa dijadikan bahan evalusi apa yang sudah baik serta yang masih kurang langsung dilakukan pembenahan. Simulasi tersebut diharapkan berlangsung sukses, dan menjadi proyek percontohan lokasi wisata lainnya di Jawa Tengah.

Baca Juga

Hindari Kontak Fisik, Masyarakat Diminta Bertransaksi Nontunai di Transportasi Publik

"TWCB telah mengajukan konsep pelaksanaan simulasi dalam menyongsong new normal kepada Pemprov Jawa Tengah. Kami kasih lampu hijau dengan lebih dulu melakukan simulasi," kata Ganjar, Rabu (10/6).

Menurutnya, setelah simulasi berjalan sukses wisata Candi Borobudur akan dibuka secara bertahap berapa wisatawan yang boleh berkunjung. Ia mengakui wisata Candi Borobudur salah satu wisata yang paling terdampak corona..

"Pelaksanaan simulasi kami maksudkan untuk memahami dan menguasai protokol kesehatan di destinasi wisata," kata dia.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (MP/Ismail)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (MP/Ismail)

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi, menjelaskan pihak TWCB telah mengajukan konsep simulasi untuk menyongsong new normal kepada Gubernur Jawa Tengah. Saat ini pengajuan itu baru dipelajari.

"Kami pelajari, telaah dan cermati lalu kita ajukan ke Gubernur dan mendapat izin karena memenuhi standar protokol kesehatan pelaksanaan simulasi," kata dia.

Ia berharap selain di Candi wisata-wisata di tingkat desa untuk turut serta melakukan simulasi serupa melakukan menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga

Swasta Berlomba Kembangkan Vaksin COVID-19, Menristek: Pemerintah Tidak Campur Tangan

"Kami dorong untuk desa wisata aktif kembali dengan protokol kesehatan sangat ketat. Terutama wisata yang berada di zona hijau," tutup Sinoeng. (*)

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya

#Pemprov Jawa Tengah #Candi Borobudur #Ganjar Pranowo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan