Gubernur DKI Jakarta Apresiasi Partisipasi Aktif INTI dalam Perayaan Cap Go Meh 2019 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Perayaan Festival Pecinan 2019 di Glodok, Jakarta, Selasa (19/2). Foto: MP/Rizki Fitrianto

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi partisipasi aktif Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) dalam perayaan Cap Go Meh 2019 di berbagai daerah di Tanah Air.

Pernyataan itu disampaikan Anies saat menyampaikan sambutan dalam Festival Pecinan 2019 yang diselenggarakan INTI bekerja sama dengan Pemerintahan Kota Jakbar.

Festival Pecinan 2019 melibatkan kolaborasi antara Keluarga Besar Perhimpunan INTI, kolaborasi antara INTI DKI Jakarta, INTI Jakarta Barat dengan Sudin Pariwisata serta Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Barat.

Juru Bicara INTI Lexyndo Hakim dan mantan Sekda DKI Jakarta Fajar Pandjaitan. Foto: MP/Rizki Fitrianto

“Khusus terhadap perayaan Festival Pecinan ini, gubernur ingin perayaan ini menjadi perayaan tahunan yang harus dilanggengkan, karena merupakan bagian dari kebudayaan di Jakarta”, ujar Juru Bicara INTI Lexyndo Hakim mengutip sambutan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Ketua Panitia Festival Pecinan dr. Anwar Budiman perayaan tersebut merupakan bagian dari peringatan 20 tahun Perhimpunan INTI.

“Ketua Panitia Pelaksana Festival Pecinan 2019 dr. Anwar Budiman, yang juga menjabat sebagai Ketua INTI Jakarta Barat, mengatakan bahwa Festival ini merupakan salah satu rangkaian acara memperingati 20 tahun berdirinya Perhimpunan INTI, pada bulan April mendatang.” ulang Lexy, sebagaimana sambutan dari dr. Anwar di pembukaan acara Festival Pecinan 2019.

Lebih lanjut Gubernur Anies berterima kasih kepada pengelola Pancoran Chinatown Point, Yusuf Hamdani. Lantaran tempat yang dilangsungkan Festival Pecinan itu menjadi salah satu pusat kegiatan menarik bagi warga Ibu Kota dan warga dunia yang datang ke Jakarta.

"Selain itu kegiatan tersebut diharapkan juga menjadi salah satu Kawasan Pecinan yang khas, guna menjadi daya tarik menarik bagi wisatawan domestik maupun internasional, "ujar Anies dalam sambutan yang dikutip Lexy

Gubernur DKI Jakarta pun juga menyampaikan terimakasih kepada keluarga besar INTI yang hadir. Karena telah menjadi jembatan, menjaga persatuan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Perayaan Festival Pecinan 2019 di Glodok, Jakarta, Selasa (19/2). Foto: MP/Rizki Fitrianto

Hal itu lantaran persatuan merupakan hasil usaha dan hasil ikhtiar. Dimana acapkali kita melupakan pentingnya menjaga persatuan. Padahal Menurut Anies persatuan lah yang menjadi kekuatan kita.

Terkait hal itu, Anies menuturkan INTI sudah memainkan peran yang begitu besar dalam menjaga persatuan, diharapkan pengurus INTI terus konsisten dalam memperjuangkan persatuan untuk bangsa Indonesia.

“Dan atas nama Perhimpunan INTI, Ketua Umum INTI Teddy Sugianto menitipkan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2570/2019, dan Selamat memperingati Perayaan Cap Go Meh 2019, semoga kita semua diberikan kesehatan, dan rejeki yang berlimpah”, tutup Lexy.

Turut hadir dalam Festival Pecinan 2019, Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi, Sekjen INTI Ulung Rusman, Kepala Perwakilan Bank Indonesia di Jakarta, Kepala Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat, FORKOMINDA, tokoh masyarakat, Jajaran Dewan Pakar INTI juga terlihat hadir Fajar Pandjaitan, Zacky Anwar Makarim, Bambang Sunarko, dan beberapa Pengurus Pusat INTI lainnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan catatan Jubir INTI Lexyndo Hakim, INTI berpartisipasi aktif dalam perayaan Cap Go Meh 2019 di berbagai daerah, ada setidaknya tiga perayaan dalam rangkaian Imlek dan Cap Go Meh 2019.

Festival Pecinan 2019. Foto: MP/Rizki Fitrianto

Perayaan pertama adalah di Singkawang, Kalimantan Barat, yang mana menjadi Puncak Perayaan Nasional Cap Go Meh 2019. Dalam acara tersebut hadir di sana, Ketua Umum INTI Teddy Sugianto, Bendahara Umum INTI Nuryati Narjadin, serta Pui Sudarto, bersama beberapa tokoh masyarakat setempat.

Kemudian di Bogor pun diselenggarakan Kirab Budaya Cap Go Meh 2019. Acara itu dimeriahkan oleh Grup Barongsai Golden Lion Club INTI Bogor dan Anak-anak Beasiswa Pelangi INTI, serta dihadiri oleh Ibu Serihana, Hartawan, dan Candra Jap dari Pengurus Pusat INTI. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH