Gubernur Anies Ingin Takbiran Jadi Tradisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) di Masjid Istiqlal, Jakarta (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

MerahPutih.Com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut menghadiri malam takbiran keliling di Masjid Jami Al Islam, Jalan KS Tubun Raya, Petamburam, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Tiba di lokasi, jemaah yang sudah berkumpul langsung mendekat dan bersalaman dengan mantan Mendikbud itu.

"Bapak ibu seneng gak takbiran di sini? Inyaallah takbiran ini kita teruskan tradisikan," kata Anies menyapa jemaah, Kamis (14/6) malam.

Melanjutkan pidato, Anies berharap takbiran keliling berjalan dengan aman dan damai, sehingga keesokan harinya dapat beribadah salat Idul Fitri dengan khusyuk.

Takbiran di Masjid Istiqlal
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kanan) memimpin takbir bersama jemaah di Masjid Istiqal, Jakarta, Kamis (14/6).(ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

"Mari kita jalankan dengan tertib, dengan baik, dengan aman. Kita ingin besok semuanya bisa menunaikan salat ID tanpa ada masalah sedikit pun," harapnya.

Di samping itu, dia juga mengimbau agar masyarakat yang menggelar takbir keliling di jalan menjaga ketertiban dan keamanan.

"Ini di depan sana kelihatan nih speakernya gede-gede nih rombongan takbir keliling. Mudah-mudahan yang keliling mereka jalan dengan aman," imbuhnya.

Tapi jangan lupa, lanjut dia, untuk memperbanyak ucapan kalimat pujian takbir, tahmid dan tahlil di malam kemenangan ini.

"Jadi bapak ibu semuanya, malam hari ini pastikan bahwa kita mengumandangkan kalimat takbir, tahlil, tahmid di setiap tempat. Jangan lewatkan waktu berjalan tanpa kita mengucapkan takbir, tahlil, dan tahmid. Dan insyaallah ini menjadi penanda bahwa bulan suci kemarin kita benar-benar bisa diangkat derajatnya menjadi orang-orang yang bertakwa," tutupnya.

perang petasan di Jalan Tambak Jakarta Pusat
Tawuran antar warga di Jalan Tambak, Jakarta Pusat pada malam takbiran (MP/Fadhli)

Anies Baswedan memulai rangkaian takbir keliling dari Kantor Walikota Jakarta Selatan sebelumnya menghadiri kegiatan di Masjid Al-Islam.

Sementara itu, di tengah harapan Gubernur Anies agar takbiran menjadi tradisi, warga Jalan Tambak, Jakarta Pusat melaksanakan takbiran keliling dengan perang petasan dan tawuran.

Dentuman petasan sahut menyahut dari panggung malam takbiran yang berjejer di Jalan Tambak, Jakarta Pusat.

Asap tebal letusan petasan dan kembang api membuat antrian kendaraan yang melintas harus berhenti sejenak menyaksikan atraksi petasan.

Begitu meriah, suara pukulan bedug dari tujuh panggung mengiringi kalimat takbir yang menggema.

Perang petasan antarwarga
Perang petasan antarwarga di Jalan Tambak, Jakarta Pusat (MP/Fadhli)

Tak heran, kegiatan itu mengundang animo masyarakat sekitar Tambak dan Manggarai untuk ikut melihat pesta malam takbiran itu.

Erni, Warga Manggarai mengaku datang bersama dua orang anaknya untuk menyaksikan pesta petasan dan kembang api yang digelar di sepanjang Jalan Tambak.

Dia mengatakan, malam takbiran kali ini menjadi hiburan tersendiri karena digelar terbuka dan ada sajian pesta petasan dan kembang api.

Warga jalan Tambak Jakarta Pusat
Warga jalan Tambak, Jakarta Pusat (MP/Fadhli)

"Sedikit takut sih, soalnya suara petasannya kencang banget, tapi juga bisa jadi hiburan, ada banyak kembang api juga," kata dia.

Di lokasi yang sama, Duha yang merupakan warga sekitar juga mengaku cukup terhibur dengan perang petasan dan kembang api tersebut. Alasannya, karena jarang ada kegiatan seperti itu.

"Kalau sekali-sekali gak apa-apa, soalnya berisik juga, petasannya kencang bunyinya," ujar dia.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Imam Besar Masjid Istiqlal Ajak Umat Islam Bertakbir Kemenangan

Kredit : fadhli


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH