Gua Maria Lourdes Poh Sarang, Wisata Religi di Kediri

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 07 Februari 2017
  Gua Maria Lourdes Poh Sarang, Wisata Religi di Kediri
Gua Maria Poh Sarang, Kediri (MP/Mauritz)

Kediri memiliki sejumlah destinasi wisata yang beragam. Salah satunya wisata religi. Khusus wisata religi, Kabupaten Kediri memiliki tempat ziarah umat Katolik yakni Gua Maria Lourdes Poh Sarang.

Gua Maria Lourdes Poh Sarang, letaknya berada di komplek Gereja Poh Sarang yang terkenal itu. Sebagaimana diketahui, gereja Poh Sarang memadukan arsitektur Keraton Jawa dan candi Majapahit.

Nah, untuk Gua Maria Lourdes Poh Sarang, arsitektur hampir sama dengan gereja. Bentuk guanya mirip candi-candi Majapahit dan terdapat tulisan dalam bahasa Jawa-Belanda yang berbunyi: Iboe Maria ingkang pinoerba tanpa dosa asal, moegi mangestonana kawoela ingkang ngoengsi ing Panjenenengan Dalem.

Sejak ditetapkannya Gereja Poh Sarang sebagai warisan situs budaya, dengan sendirinya Gua Maria Lourdes menjadi salah satu obyek wisata religi di Kediri. Gua Maria Lourdes Poh Sarang yang terletak dilereng kaki Gunung Wilis, menyimpan eksotika panorama alam yang indah serta hawanya sejuk.

Peziarah di Gua Maria Poh Sarang
Suasana Gua Maria Poh Sarang, Kediri (MP/Mauritz)

Kondisi jalan yang menanjak dimanfaatkan banyak pesepeda dari Kota Kediri mau pun dari luar daerah untuk berolahraga mencari keringat sekaligus menikmati pemandangan alam di sekitaran wilayah Kecamatan Semen.

Setelah mengayuh sepeda dari bawah hingga atas, para pesepeda berhenti di desa Poh Sarang Kecamatan Semen di depan lokasi wisata relig Gua Maria Lourdes. Di kawasan wisata religi ini, para wisatawan mau pun pesepeda bisa melihat lihat bangunan arsitektur gereja perpaduan Keraton Jawa dan Eropa.

Disamping itu, di dalam juga terdapat berbagai patung, di area jalan salib serta makam para para imam dan pemuka agama Katolik yang pernah berkarya di Pohsarang serta Rumah Abu.

Dikatakan salah satu pengunjung asal Villa Melati Emas Jakarta, Ahong (73) dirinya beserta sembilan orang temanya memang memilih lokasi Gua Maria Lourdes Desa Poh Sarang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri untuk beribadah. Selain itu, dirinya juga tertarIk dengan eksotika pemandanganya yang masih natural.

Gowes asyik di Poh Sarang, Kediri
Gowes asyik di Poh Sarang, Kediri (MP/Mauritz)

" Kita sembilan orang datang ke sini, datang dari Jakarta untuk beribadah," ujarnya, Minggu (5/2).

Di sepanjang jalan menuju gua Pohsarang terdapat pasar yang menjual kuliner dan aksesoris. Para pengunjung bisa berbelanja oleh-oleh atau . Di pasar tersebut dijual pernak pernik miniatur kerohanian, pakaian dan makanan khas Kediri.

Bagi pengunjung atau peziarah yang ingin menghabiskan waktunya selama beberapa hari, tidak perlu bingung untuk mencari penginapan. Di area lokasi wisata Gua Poh Sarang terdapat banyak hotel mau pun penginapan.

Artikel ini ditulis berdasarkan liputan Mauritz, kontributor dan reporter merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

#Gua Maria Lourdes Poh Sarang #Wisata Religi #Kediri #Wisata Kediri
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan