Grup Topeng Sunda Pentas Bareng di HUT Kabupaten Tangerang Penampilan grup topeng Sunda Tangerang di acara HUT Kabupaten Tangerang Ke-73. (MP/Widi Hatmoko)

MerahPutih Tradisi-Sebanyak 18 grup seni tradisional topeng Sunda Tangerang manggung bareng pada acara HUT Kabupaten Tangerang Ke-73, di panggung budaya Kawasan Foresta Business (Froggy), BSD City Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Kamis (29/12).

Kesenian topeng Sunda Tangerang ini merupakan seni teater atau drama tradisional seperti ludruk di Jawa Timur, atau Ketoprak di DI Yoyakarta dan Jawa Tengah. Musik pengiringnya juga menggunakan gamelan pelog dan salendro. Hanya saja penyajiannya dengan gaya dan bahasa Sunda. Kepala Seksi Kebudayaan pada Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Tangerang, Muhammad Syafei menjelaskan, isi cerita dalam kesenian topeng Sunda Tangerang ini biasanya mengangkat tentang kehidupan sosial di masyarakat. Mulai dari kehidupan rumah tangga, maupun kehidupan sehari-hari masyarakat Kabupaten Tangerang.

"Tapi, terkadang juga mengangkat tema-tema pada zaman kerajaan. Tapi kebanyakan mengangkat tema kehidupan sosial masyarakat," ujar Muhammad Syafei kepada merahputih.com.

Keberadaan kesenian tradisional yang dulunya banyak disukai oleh masyarakat karena penampilan para pemainnya yang kocak dan lucu tersebut, saat ini sudah mulai tergerus oleh kesenian modern. Kesenian ini dulunya sering ditampilkan pada acara-acara hajatan pernikahan atau khitanan. Namun saat ini sudah kalah dengan hiburan dangdut dan orgen tunggal. Berdasarkan data yang ada pada Disporbudpar Kabupaten Tangerang, saat ini terdapat 18 grup topeng, tersebar di beberapa kecamatan.

"Kita angkat dalam acara HUT Kabupaten Tangerang ini, tujuannya untuk mengenalkan kepada masyarakat, jangan sampai kesenian ini hilang. Karena ini merupakan seni budaya tradisional yang harus tetap dilestarikan," tandasnya.



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH