Grup K-Pop ini Malah Lebih Ngetop di Luar Korea Selatan Monsta X ialah salah satu grup k-pop yang ngetop di luar negeri. (foto: billbiard)

INDUSTRI musik Korea Selatan kini jadi sorotan. Gelombang K-Pop menyapu seluruh dunia. Sejumlah grup K-Pop dengan cepat membangun eksistensi mereka di luar negeri. Banyak nama-nama grup musik K-pop yang ngetop di seluruh dunia. BTS dandan Blackpink contohnya.

Namun, ada fakta unik yang menunjukkan beberapa grup justru lebih populer di negara lain daripada di negara asal mereka, Korea Selatan. Berikut grup yang memiliki basis penggemar internasional dan justru lebih ngetop di luar Korea Selatan.

BACA JUGA:

Dokumenter BLACKPINK Membongkar Sulitnya Industri Hiburan di Korea Selatan

1. Stray Kids

stray kids
Lebih banyak melakukan promo internasional ketimbang dalam negeri. (foto: MTV)

Stray Kids awalnya mendapatkan perhatian dari warganet Korea karena menjadi grup memproduksi musiknya sendiri di bawah JYP Entertainment. Akan tetapi, mereka lebih banyak melakukan promo secara internasional daripada promo di negeri sendiri.

Hal tersebut membuat Stray Kids memiliki basis penggemar lebih kuat di luar negeri daripasa negara sendiri. Dengan dirilisnya lagu baru God's Menu dan Back Door, Stray Kids mulai memperluas fandom mereka baik di Korea maupun di luar negeri.


2. ATEEZ

ateez
Terkenal karena reality show. (foto: billboard)


ATEEZ memperoleh ketenaran internasional dengan cepat karena reality show yang mereka rekam di Amerika Serikat sebelum debut. Grup yang awalnya dipromosikan sebagai KQ Fellaz di Youtube ini dicintai para penggemar di seluruh dunia.


3. EVERGLOW

everglow
Sukses lewat lagu Bon Bon Chocolate. (foto: kpop wiki)

Kesuksesan internasional EVERGLOW dimulai saat mereka debut. Single berjudul Bon Bon Chocolate membuat mereka mendapat perhatian dari penggemar non-Korea. Kini perlahan-lahan mereka juga mulai meraih popularitas di negeri mereka. Meskipun popularitas mereka di Korea perlahan meningkat, grup ini masih lebih populer di luar negeri.


4. KARD

kard
Unik karena grup campuran. (foto: soompi)

Salah satu aspek unik KARD ialah mereka merupakan grup campuran, sesuatu yang langka di industri K-Pop. Penggemar Amerika Serikat sangat senang melihat grup campuran gender tersebut. Penggemar internasional pun menunjukkan banyak dukungan kepada mereka. Meskipun KARD masih relatif terkenal di Korea, basis penggemar mereka di Korea tidak sebanding dengan basis penggemar internasional mereka.


5. MONSTA X

monsta X
Punya konsep yang intens dan gelap. (foto: billboard)

MONSTA X populer di kalangan penggemar internasional karena konsep mereka yang lebih intens dan gelap. MONSTA X memang cukup populer di Korea, tetapi mereka lebih terkenal karena fisiknya daripada musiknya.


6. Dreamcatcher

dreamcatcher
Populer di Eropa karena konsep rock. (foto: kprofiles)

Dreamcatcher langsung menarik perhatian penggemar internasional dengan konsep rock mereka yang unik, sesuatu yang sangat berbeda dari konsep girl crush atau konsep girl group imut pada umumnya. Mereka sangat populer di Eropa dan bagian lain di Barat.


7. A.C.E

ACE
Ngetop di Amerika Latin. (foto: Forbes)

Bakat A.C.E dikenal luas di Amerika Latin. Grup tersebut bahkan telah melakukan tur di sana. Kendati populer di Amerika Latin, mereka belum mencapai popularitas mainstream di Korea.


8. GOT7

GOT7
Awalnya populer di Korea. (foto: South China Morning Post)


Meskipun GOT7 awalnya populer di Korea, popularitas grup menurun dengan konsep baru mereka. Para anggota sendiri telah mengungkapkan ketidakamanan mereka tentang memiliki basis penggemar Korea yang lebih kecil. Meskipun demikian, GOT7 sangat populer di luar negeri.(Avia)

BACA JUGA:

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH