Grup 1 Kopassus Salurkan Bantuan Kemanusiaan INTI untuk Korban Tsunami di Kecamatan Sumur Pandeglang Grup 1 Kopassus kembali bergerak menyalurkan bantuan kemanusiaan INTI kepada korban Tsunami Selat Sunda di kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten, Kamis (27/12). Foto: Dok INTI

MerahPutih.com - Grup 1 Kopassus kembali bergerak menyalurkan bantuan kemanusiaan INTI kepada korban tsunami Selat Sunda di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten, Kamis (27/12)

Komandan Unit 3/1/1 Batalyon 13 Grup 1 Kopassus, Letda Inf. Damara Suksma selaku koordinator lapangan sejak pagi memimpin pasukannya membawa bantuan berupa selimut, popok bayi, biskuit dan air minum. Letda Damara bersama pasukan berkeliling menuju beberapa posko di kecamatan Sumur.

"Kecamatan Sumur, saya rasa di sini pendistribusiannya paling jelas di antara posko yang lain," ujarnya melalui pesan singkat.

Dari foto-foto yang dikirim Letda Damara, terlihat warga antri meminta bantuan. Kecamatan Sumur memang merupakan salah satu wilayah yang terdampak parah gelombang tsunami Selat Sunda. Akses jalan menuju Sumur sempat terputus sehingga evakuasi korban dan pengiriman bantuan tertunda.

Grup 1 Kopassus kembali bergerak menyalurkan bantuan kemanusiaan INTI kepada korban Tsunami Selat Sunda di kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten, Kamis (27/12). Foto: Dok INTI

Sebelumnya pada Rabu (26/12) sore di Posko Bencana kecamatan Cimanggu yang berjarak 1 1/2 jam dari kecamatan Sumur, Ketua Umum INTI Teddy Sugianto memutuskan untuk kembali ke Jakarta karena situasi alam yang tidak kondusif untuk melanjutkan perjalanan. Sisa barang bantuan yang dibawa dari Jakarta dititipkan kepada Grup 1 Kopassus untuk besok disalurkan kembali kepada korban bencana.

"Banyak terima kasih kepada Grup 1 Kopassus yang hari ini telah bersama-sama menemani INTI menyalurkan bantuan untuk saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana tsunami," kata Teddy.

Selain dengan Grup 1 Kopassus, INTI juga bekerjasama dengan pusat kesehatan TNI membantu kebutuhan perlengkapan pasukan di lapangan untuk penanganan bencana seperti kantong jenazah, sarung tangan karet, sepatu boat, masker, dan cairan disinfektan. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH