Green Ramadan, Rayakan Bulan Baik dengan Memberi Lebih  The Body Shop Indonesia menghadirkan hampers ramah lingkungan dan berkelanjutan.(foto: dok The Body Shop Indonesia)

SAAT pandemi mulai mereda, banyak kegiatan memungkinkan untuk dilakukan. Hal itu membuat Ramadan tahun ini terasa lebih istimewa. Berkumpul bersama teman dan keluarga di tahun ini amat mungkin terwujud setelah dua tahun ke belakang amat dibatasi bahkan tak mungkin dilakukan.

Saat silaturahim, membawa buah tangan (gift)menjadi bagian tak terpisahkan. “Makna dari sebuah hadiah bukan hanya dari bentuk fisiknya, melainkan bagaimana mengartikan makna hadiah itu secara lebih mendalam, yaitu memberi kebahagiaan, bantuan untuk meraih mimpi, dan juga terus berkontribusi terhadap semesta dengan terus menjaga keberlanjutannya,” kata CEO The Body Shop Indonesia Aryo Widiwardhono dalam acara virtual Share More Kindness with The Body Shop Green Ramadan, Jumat (8/4).

BACA JUGA:

Ramadan, Momen Tepat untuk Terhubung dengan Lingkungan

Apa yang diungkapkan Aryo sejalan dengan hasil survei konsumen global yang dirilis Roland Berger and Potloc berturut-turut pada 2020 dan 2021. Dalam survei itu, terungkap bahwa konsumen menginginkan produk yang memberikan value for money dengan kualitas serta durabilitas yang lebih. Selain itu, produk serta kemasan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan juga menjadi yang teratas dalam pemikiran konsumen.

the body shop indonesia
The Body Shop menghadirkan gift yang dapat dipersonalisasi. (foto: dok The Body Shop Indonesia)

“Untuk itulah, di momen yang spesial ini, kami ingin mengajak konsumen untuk memaknai istilah the gifts that keep on giving. Dengan pilihan gift yang berkelanjutan dan dukungan kita semua untuk meningkatkan literasi serta membangun Green Library, Ramadan tahun ini lebih spesial maknanya karena kita bisa berbagi kebaikan bukan hanya kepada keluarga dan sahabat tercinta, melainkan juga kepada sesama dan semesta,” jelas Aryo.

Senada, Community dan PR The Body Shop Indonesia Ratu Ommaya menjelaskan The Body Shop Indonesia menghadirkan gift yang dapat dipersonalisasi. Kamu dapat memilih produk The Body Shop, yang disesuaikan dengan favorit si penerima, untuk isi gift. "Kalau aku sih, pengin dikasi lip dan body moisturizer. Kan di sini mulai dingin jadi cepat kering," ujar musisi dan aktor Iqbaal Ramadhan yang tengah berkuliah di Melbourne, Australia.

Hadiah pilihan itu akan dikemas dalam wadah yang berkelanjutan. “Semua bahan dalam gift ini dapat digunakan kembali. Kartunya ucapannya pun bisa dimanfaatkan. Jika biasanya kartu ucapan disimpan atau dibuang begitu saja,kami menggunakan kartu ucapan yang terbuat dari benih tanaman. Jadi kartu ini tak akan terbuang, bisa ditaman kembali. Inilah partisipasi aktif kita dalam melestarikan alam semesta,” katanya.

the body shop indonesia
Memberi hadiah berkelanjutan. (foto: dok The Body Shop Indonesia)

Koleksi gift dari The Body Shop Indonesia ini tersedia mulai dari Rp 79.000 dan dapat dibeli di toko terdekat, melalui Whatsapp, situs The Body Shop Indonesia, dan aplikasi mobile. Kamu bisa mengirimkan hadiah ini kepada siapa saja di daerah mana pun di Tanah Air.

Selain kemasan dan kartu ucapan yang berkelanjutan, paket Create Your Own Gift juga memberi nilai lebih untuk berbuat kebaikan. Setiap pembeli gift ini akan diajak untuk bersama-sama membangun Green Library di Makassar, Kupang, dan Lombok agar semakin banyak anak Indonesia yang mendapatkan akses membaca buku dan meningkatkan literasi. Perpustakaan hijau tersebut akan dilengkapi recycled furniture yang berasal dari kemasan kosong yang dikembalikan konsumen The Body Shop melalui program Bring Back Our Bottles dalam kampanye #KerenTanpaNyampah. Program ini berlangsung mulai dari 24 Maret hingga 18 Mei.

BACA JUGA:

Bring Back Our Bottle, Langkah Awal #KerenTanpaNyampah

“Dukungan kami terlahir dari sebuah pemikirian bahwa kebiasaan membaca, terutama pada anak, dapat mendorong hidup yang berkelanjutan,” kata Ratu. Ia mengatakan tingkat literasi Indonesia di dunia termasuk rendah, yaitu di posisi 62 dari 70 negara yang disurvei Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) pada 2019. Sebagai respons atas kondisi itu, Taman Bacaan Pelangi telah mendirikan 145 perpustakaan anak dan memberikan akses buku bacaan kepada lebih dari 34 ribu anak yang berusia 5-13 tahun dengan menyediakan lebih dari 250 ribu buku bacaan anak. Taman bacaan ini juga telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 5.000 guru di Indonesia Timur. Setiap perpustakaan Taman Bacaan Pelangi memiliki minimal 1.250 hingga 3.000 buku cerita anak-anak. “Kami sangat bangga menjadi Impact Partner The Body Shop Indonesia dalam usaha untuk membangun Green Library untuk digunakan anak-anak di kawasan Indonesia Timur, terutama di Makassar, Lombok, dan Kupang,” kata Founder & Executive Director Taman Bacaan Pelangi Nila Tanzil.

Green Library ini direncanakan akan dibangun di tiga sekolah dasar yang berada kota-kota tersebut. Lokasi ini dipilih atas dasar Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) Nasional yang diluncurkan Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan pada 2019. Provinsi terpilih tersebut masuk ke kategori rendah.

“Satu hal yang saya sangat suka dari The Body Shop yaitu konsistensinya dalam melakukan inisiatif yang ramah lingkungan dan bagaimana tetap menjaga keselarasan dengan semesta melalui produk-produknya,” kata Iqbaal.(dwi)

Penulis : Dwi Astarini Dwi Astarini
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Butuh Kreativitas Cara Tepat Ajarkan Anak Tentang Pubertas
Fun
Butuh Kreativitas Cara Tepat Ajarkan Anak Tentang Pubertas

Perkembangan tubuh pada anak merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindarkan.

Permen Karet Ini dapat Mengurangi Penyebaran Virus Corona?
Fun
Permen Karet Ini dapat Mengurangi Penyebaran Virus Corona?

Permen karet tersebut mengandung protein yang "menjebak" partikel virus.

Begadang Jangan Begadang!
Fun
Begadang Jangan Begadang!

Kurang tidur bukanlah hal yang bisa disepelekan begitu saja.

Tebak Karakter Siswa Lewat Posisi Tempat Duduk di Bus Karyawisata
Hiburan & Gaya Hidup
Tebak Karakter Siswa Lewat Posisi Tempat Duduk di Bus Karyawisata

Isi orang di dalamnya bakal sangat memengaruhi keseruan perjalanan

Experiential Tourism, Bukan Sekadar Wisata Biasa
Hiburan & Gaya Hidup
Experiential Tourism, Bukan Sekadar Wisata Biasa

Wisata yang membuatmu akan memperoleh pengalaman berharga dari tangan pertama.

Samsung akan Percepat Teknologi Metaverse
Fun
Samsung akan Percepat Teknologi Metaverse

Samsung menggunakan metaverse sebagai mesin pertumbuhan barunya.

Model Terbaru PlayStation 5 Lebih Ringan dari Sebelumnya?
Fun
Model Terbaru PlayStation 5 Lebih Ringan dari Sebelumnya?

Model terbaru dengan nama CFI-1000B, memiliki total berat 3.6 kilogram.

BTS Raih 'Artist of The Year' AMAs 2021
Fun
BTS Raih 'Artist of The Year' AMAs 2021

BTS memenangkan ketiga piala dari tiga kategori AMAs 2021.

Bikin Podcast Bermodal Ponsel Pintar
Fun
Bikin Podcast Bermodal Ponsel Pintar

Kenali tips membuat podcast hanya dengan bermodal ponsel pintar .

'Mie Sabendino' Jadi Wadah Kumpul Komedian Solo, Klaten dan Yogya
ShowBiz
'Mie Sabendino' Jadi Wadah Kumpul Komedian Solo, Klaten dan Yogya

Komedi berkisah tentang kehidupan warga pinggiran kota.