Green Bay, Pantai Elok yang Tersembunyi Pantai Teluk Hijau yang masih perawan. (Foto: instagram@aryzaoldyeck)

PANTAI memang menjadi potensi wisata utama di Bumi Blambangan. Contohnya Pantai Teluk Hijau atau lebih dikenal dengan sebutan Green Bay. Tempat ini memang tak lebih tenar dari Plengkung, namun karena hal itu Green Bay masih menampakan keasriannya.

Pantai Teluk Hijau berada di area Taman Nasional Meru Betiri tepatnya di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggrahan. Bagi yang sedang mampir di Banyuwangi amat disayangkan jika tidak datang ke tempat ini.

Seperti namanya, jika dilihat dari kejauhan, Green Bay terlihat biru kehijau-hijauan. Hal itu disebabkan karena dasar perairan yang dangkal serta ditumbuhi alga.

Pesona Pantai Teluk Hijau

Pesona Pantai Teluk Hijau begitu mempesona (Instagram/zannasukses)
Pesona Pantai Teluk Hijau begitu mempesona (Foto: instagram@zannasukses)

Karena masuk dalam wilayah taman nasional, pantai ini jarang dijamah manusia. Pantai ini memiliki pasir putih halus. Ada banyak spot menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Contohnya saja air terjun setinggi 8 meter. Biasanya air terjun ini digunakan pelancong untuk tempat bilas alami.

Berbeda dengan Pantai Plengkung yang ombaknya bisa mencapai 8 meter, di Green Bay kamu masih bisa berenang dengan aman. Meski demikian tetap saja harus waspada dari segala kemungkinan.

Kamu juga bisa membuat tenda lho di sekitar pantai. Hanya saja kamu harus berkoordinasi dulu dengan pengelola Taman Nasional Meru Betiri. Dikwatirkan ada hewan buas yang sedang mampir ke pantai itu.

Melewati pantai Batu

Pantai Batu sebagai akses menuju Green Bay (Instagram/rzm_media)
Pantai Batu sebagai akses menuju Green Bay (Foto: instagram@rzm_media)

Akses yang cukup sulit membuat Pantai Teluk Hijau jarang disinggahi. Kamu harus menyusuri jalan setapak curam dan berbatu. Kemudian menuruni bukit dan menembuh hutan.

Setelah melewati itu kamu akan mendengar deburan ombak menghantam bebatuan. Di sana kamu akan melihat pantai dengan hamparan batu berbagai ukuran. Namun jangan senang dulu karena itu bukan pantai yang dituju.

Green Bay cukup sulit dijangkau (Instagram/aaptrans)
Green Bay cukup sulit dijangkau (Foto: instagram@aaptrans)

Itu adalah Pantai Batu. Konon, pantai ini dulunya seperti Pantai Teluk Hijau yang tertutup pasir. Namun setelah terjangan ombak dahsyat tahun 1994, pasir di sana berganti dengan bebatuan. Sesampainya di sini kamu harus berjalan lagi sekitar 300 meter.

Meski demikian bagi yang pertama kali datang agak sulit menemukan jalan menuju Pantai Teluk Hijau. Hal itu lantaran lokasi Pantai Teluk Hijau yang dikelilingi karang tinggi di sebelah timur dan barat. Salah satu aksesnya yakni menapaki jalan di hutan kecil tak jauh dari kedua pantai.

Sempat diabaikan

Banyak spot cantik di Green Bay (Instagram/zannasukses)
Banyak spot cantik di Green Bay (Foto: instagram@zannasukses)

Dulu orang-orang hanya melihat Teluk Hijau dari kejauhan saja. Teluk Hijau hanya dijadikan tempat persinggahan sebelum mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri dan Sukamade.

Kepopuleran pantai ini dimulai sejak tahun 2015 lalu. Saat itu banyak orang yang mengunggah keindahan alam di Pantai Teluk Hijau. Seiring berjalannya waktu nama Pantai Teluk Hijau alias Green Bay makin bersinar.

Sedikit tips saat datang ke Pantai Teluk Hijau adalah membawa makanan dan minuman sendiri. Karena di sana tak ada penjuan makanan. Jangan lupa membawa tabir surya agar kulitmu tak tersengat matahari. Terakhir dan yang paling penting tetap menjaga kebersihan. Amat memalukan jika kamu mengotori pantai asri ini. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH