Grebeg Besar Ditiadakan, Ratusan Abdi Dalem Terima Gaji dan Daging Kurban Abdi Dalem Surakarta saat terima daging kurban. (Foto: Ismail/Jawa Tengah).

MerahPutih.com - Ratusan abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, mendapat daging kurban, Sabtu (1/8). Pemberian daging hewan kurban tersebut dilakukan sebagai bentuk perhatian keraton pada seluruh abdi dalem.

Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari mengatakan, pembagian daging kurban ini dilakukan untuk meringankan beban abdi dalem sekaligus menyambung silaturahmi. Terlebih, selama mereka ikut merawat dan meguri-uri kabudayan Keraton Kasunanan.

"Kami pada Idul Adha 1441 H tidak mengadakan adat Keraton Surakarta berupa Grebeg Besar karena masih pendemi," ujar Wandansari.

Baca Juga:

Polisi Tidak Tahan Tersangka Penghina Keluarga Ahok

Meskipun tidak ada Grebeg Besar, pihaknya tetap melakukan penyembelihan hewan kurban berupa satu ekor sapi. Daging hewan kurban dibagikan dalam ratusan paket yang dibagikan ke abdi dalem.

"Total abdi dalem sekitar 500 orang plus beberapa abdi dalem yang ada di luar lingkungan keraton kami berikan daging hewan kurban," papar dia.

 Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari, Sabtu (1/8). (MP/Ismail)
Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari, Sabtu (1/8). (MP/Ismail)

Ia mengatakan, pihaknya mencairkan gaji abdi dalem di dalam keraton yang dilakukan secara non tunai dengan melalui rekening bank. Ditambah beberapa abdi dalem yang ada di luar lingkungan keraton, seperti abdi-abdi dalem yang menjaga petilasan, pesanggrahan, makam, dan lainnya yang masih berhubungan dengan Kasunanan Surakarta.

Seorang abdi dalem asal Wonogiri, Jawa Tengah, Wahyudi, mengaku selama pandemi diminta untuk di rumah dulu oleh pihak keraton.

"Saya harap Keraton Kasunanan tetap bisa menjadi tonggak kebudayaan untuk warga Solo dan sekitarnya, khususnya dalam melestarikan kebudayaan Jawa," ujar Wahyudi. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Pengacara Kondang Otto Hasibuan Bakal Jadi Pembela Djoko Tjandra


Tags Artikel Ini

Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH