Gratis, Buku Panduan Tertib Bersepeda dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta Buku Panduan Sepeda dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@DishubDKI_JKT)

SETELAH memberi informasi terkait isyarat tangan saat bersepeda, kali ini Dinas Perhubungan DKI Jakarta lewat akun Twitter resminya membagikan 'Buku Panduan Tertib Bersepeda'. Panduan ini bisa kamu lihat dan unduh secara gratis melalui tautan dalam cuitan @DishubDKI_JKT yang diunggah pada 7 Agustus 2020.

Dalam unggahan tersebut Dinas Perhubungan DKI Jakarta tertulis, "sepeda adalah jawaban simpel untuk permasalahan mobilitas Jakarta yang rumit. Mulai adaptasi baru dengan mengayuh sepeda anda untuk Jakarta yang lebih baik!"

Baca juga:

Hobi Gowes? Ketahui Isyarat Tangan saat Bersepeda di Jalan Raya

Buku itu berisikan panduan yang akan membuat kamu memahami cara bersepeda di jalan, kamu juga dapat mengetahui tips dan trik saat baru mulai bersepeda (persiapan sebelum bersepeda) sampai kondisi jalanan.

Tujuan dari dibuatnya buku ini yakni agar pesepeda sebagai bagian dari lalu lintas di jalan raya mengerti, serta memahami lalu lintas jalan saat bersepeda.

Dibuatnya peraturan lalu lintas bagi seluruh pengguna jalan, termasuk pesepeda, tentunya untuk membangun tertibnya kultur bersepeda yang kembali tumbuh di Indonesia.

Dengan memberikan edukasi bagi pesepeda untuk selalu mengikuti peraturan lalu lintas, sehingga tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Gratis, Buku Panduan Tertib Bersepeda dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta
Dijelaskan manfaat bersepeda sampai kepada persiapan sebelum bersepeda (@DishubDKI_JKT)

Tidak hanya itu, Buku Panduan dari Dishub DKI juga juga menjabarkan keuntungan kamu jika bersepeda seperti kamu jauh lebih sehat, praktis, ramah lingkungan, terjangkau, dan menyenangkan.

Baca juga:

Bersepeda Kembali Tren, 5 Tips Ini akan Menjagamu Aman dari Virus

Namun sebagai bagian dari lalu lintas, pesepeda harus mengikuti aturan lalu lintas yang berlku seperti yang dijelaskan dalam kolom tata tertib bersepeda.

Gratis, Buku Panduan Tertib Bersepeda dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta
Tata tertib dan peraturan bersepeda (@DishubDKI_JKT)

Dalam buku panduan yang dibagikan gratis itu, kamu juga dapat membaca dan melihat apa sih yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh pesepeda saat di jalan.

Selain itu, dalam buku panduan lengkap ini juga dijelaskan cara alternatif bagi para pesepeda jika ingin menyeberang.

Saran yang diberikan berupa metode hook turn (menyeberang dua kali ketika berada di perempatan) agar menghindari risiko kecelakaan.

Gratis, Buku Panduan Tertib Bersepeda dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta
Peta yang menyediakan jalur dan tempat parkir sepeda (@DishubDKI_JKT)

Masih banyak lagi pembelajaran yang bisa kamu gali dari buku panduan tersebut, kamu juga dapat melihat lokasi halte atau stasiun untuk dapat memarkir sepedamu. Kamu juga dapat mengetahui wilayah mana yang menyediakan jalur bersepeda.

Jika kamu ingin mengunduh buku tersebut, kamu dapat klik laman yang diberikan oleh akun Twitter resmi @DishubDKI_JKT. (joe)

Baca juga:

Sepeda Lipat Hingga BMX, Mana Jenis yang Cocok Buatmu?



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH