Game
Grand Final Oxtrade IFeLeague 1 Berlangsung Sengit dan Meriah Grand Final Oxtrade IFeLeague 1 Berlangsung Meriah (Foto: merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

GRAND Final Oxtrade Indonesian Football e-League (IFeLeague) 1 telah berlangsung dari tanggal 4-5 Desember 2021 di Highgrounds, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Pada babak Grand Final, Minggu (5/12) turut dihadiri oleh special Guest pemain sepak bola perempuan ternama, yakni Zahra Muzdalifah dan Naomi Nielsen.

Zahra Muzdalifah dan Naomi Nielsen ditantang untuk bertanding PES dengan menggunakan klub yang ada di kompetisi Oxtrade IFeLeague. Zahra bertanding menggunakan klub Bali United, sedangkan Naomi menggunakan klub Arema FC.

Baca Juga:

Oxtrade IFeLeague 1, Kompetisi Sepak Bola Virtual Terbesar di Indonesia

Zahra Muzdalifah dan Naomi Nielsen hadir sebagai special guest. (Foto: merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Pertandingan mereka berjalan sangat seru, sampai harus melaju ke babak adu penalti. Zahra pun akhirnya menjadi pemenangnya.

Selain kehadiran special Guest, ada pula acara Lelang Oxtrade X IFeL di Grand Final Oxtrade IFeLeague 1. Beberapa nama terkenal juga mengikuti acara lelang ini seperti Indra Kenz yang biasa disapa sebagai Sultan Medan, aktor Mang Saswi dan Bastian Steel.

Setelah acara lelang, turut hadir perwakilan dari Ebility ID (komunitas esports untuk disabilitas) yang datang ke acara Grand Final, yaitu Shena Septiani, selaku Founder dari komunitas Ebility ID itu sendiri. Turut hadir pula sejumlah teman-teman disabilitas.

Pada babak Grand Final Oxtrade IFeLeague 1 di Final Upper Bracket antara Persiraja (Akbar Paudie) melawan Arema FC (Ferry Purnama Gumilang), pertandingan tersebut dimenangkan oleh Arema, dengan total tiga pertandingan.

Baca Juga:

Bukti Apresiasi Pemerintah, Esports Hadir di PON Papua 2020

Arema FC yang diwakili oleh Ferry Purnama Gumilang tampil memukau di babak Grand Final (Foto: merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Pada pertandingan pertama Arema FC berhasil menang dengan skor 1-3, sementara di pertandingan kedua, Persiraja berhasil membalikkan keadaan dan memenangkan pertandingan dengan skor 2-1. Kemudian, pada pertandingan ketiga, Arema FC berhasil menunjukkan kekuatannya dengan skor akhir 1-2. Dengan kemenangan itu, Arema FC memastikan diri melaju ke babak Grand Final.

Sementara itu, pada pertandingan Bronze Match di lower bracket, Persiraja yang kalah dari Arema FC bertemu dengan Borneo FC (Elga Cahya Putra) untuk memperebutkan tiket ke babak Grand Final.

Di luar dugaan, Persiraja berhasil mengalahkan Borneo FC dua pertandingan berturut-turut, dengan skor 5-4 dan 3-1. Persiraja pun memastikan diri melaju ke babak Grand Final dan lagi-lagi bertemu Arema FC. Sementara Borneo FC menjadi juara ketiga.

Hingga akhirnya pertandingan Grand Final pun tiba antara Arema FC melawan Persiraja Banda Aceh. Pada pertandingan pertama, Arema FC yang diwakili oleh Ferry Purnama Gumilang bermain sangat agresif. Bahkan pada menit 3 sudah membuka keunggulannya dengan mencetak satu gol.

Kemudian, Arema FC kembali memperbesar keunggulannya di menit 12 dengan skor 2-0. Seakan tak memberi celah bagi Persiraja, pada babak kedua, Arema FC kembali menambah pundi-pundi gol menjadi 3-0. Arema FC pun menang telak di pertandingan pertama.

Pada pertandingan kedua, meski menit-menit awal Arema FC sempat tertekan, namun sukses membuka keunggulan 1-0 pada menit 22. Setelah itu pertandingan pun kian memanas, Persiraja terlihat mulai bermain terbuka, dan terus menyerang secara agresif. Hingga akhirnya Persiraja berhasil menyamakan kedudukan di menit 28.

Kemudian hingga babak pertama habis, skor masih 1-1. Selang 3 menit babak kedua bergulir, diluar dugaan Persiraja sukses membalik keadaan menjadi 2-1, lewat gol plessing yang sangat cantik.

Namun, meski Persiraja terus gencar menggempur pertahanan Arema FC bertubi-tubi, Arema berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Tapi, berselang 1 menit kemudian setelah Arema FC menyamakan kedudukan, Persiraja langsung membalas tuntas dan membuka keunggulannya menjadi 3-2. Hingga akhirnya pertandingan kedua dimenangkan oleh Persiraja.

Arema FC yang diwakili Ferry Purnama Gumilang sukses menyabet gelar juara IFeLeague1 (Foto: merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Karena Persiraja berhasil menang di pertandingan kedua, maka penentuan pun ada di pertandingan ketiga. Pada pertandingan ketiga, Arema FC kembali menunjukkan taringnya, dan berhasil menang dengan skor 2-0. Dengan hasil tersebut, Arema FC yang diwakilkan oleh Ferry Gumilang, berhasil keluar menjadi juara baru dari Oxtrade IFeLeague 1 2021.

Berikut ini list pemenang IFel League 1 2021 :

Juara 8 : Ricky Vega (Madura United)

Juara 7 : Puspamba Ibrahim (Bhayangkara FC)

Juara 6 : Rizal Danyarta (Bali United FC)

Juara 5 : Rizky Faidan (PS Sleman)

Juara 4 : Rommy Hadiwijaya (Barito Putera)

Juara 3 : Elga Cahya Putra (Borneo FC)

Juara 2 : Akbar Paudie (Persiraja Banda Aceh)

Juara 1 : Ferry Purnama Gumilang (Arema FC).

Setelah keluar menjadi juara mewakilkan Arema FC, Ferry mengaku sangat senang, meski Ferry tak menampik bahwa pada babak-babak penyisihan grup performanya kurang bagus.

"Alhamdulillah tahun ini rezeki saya, setelah tahun lalu gagal di runner up, rasanya senang bisa dapat juara ini. waktu babak awal di grup itu saya mainnya lagi kurang bagus, alhamdulillah masih bisa lolos dan juara," ujar Ferry saat ditemui merahputih.com setelah pengumuman gelar Juara.

Setelah berhasil meraih gelar juara Oxtrade IFeLeague 1 2021, Ferry berhak mendapatkan hadiah uang senilai Rp 70 juta.

Babak Grand Final IFel League 1 2021 berlangsung meriah (Foto: merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Sementara itu, CEO IFeL Wira Mahesa Putra Sutopo menuturkan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam acara IFeL

"Saya apresiasi untuk seluruh pihak yang terlibat acara IFeL League 1 ini, tahun ini sesuai ekspektasi, kita mampu bekerjasama dengan pihak klub, dari segi viewers juga kita bisa dibilang liga sepakbola virtual terbesar di Asia , cukup puas dengan hasilnya musim ini," ujar Wira.

Kemudian, Wira menambahkan ke depannya pihak IFeL tengah mempersiapkan IFel League 1 musim berikutnya di Oktober 2022, yang rencananya akan diikuti 18 klub. Selain itu, menurutnya akan ada IFeL League 2, kejuaraan nasional, kompetisi untuk liga difabel dan liga perempuan. (ryn)

Baca Juga:

Garena Siap Gelar Sejumlah Turnamen Esports di Indonesia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Uniknya Kostum Satai Madura yang Masuk Top 3 National Costume Miss Grand International
Fashion
Mau Menikah di 2021? Begini Tren Dekorasi Sampai Makeup
Fun
Mau Menikah di 2021? Begini Tren Dekorasi Sampai Makeup

Konsep pernikahan outdoor pun akan semakin banyak diminati.

Tiktok Umumkan Fitur Baru yang Tengah Diuji
Fun
Tiktok Umumkan Fitur Baru yang Tengah Diuji

Saat menonton video yang disertai dengan Jump, penonton akan melihat tombol di dekat bagian bawah layar.

Ini yang Sering Timbulkan Cekcok dalam Rumah Tangga Menurut Konselor Pernikahan
Fun
Ini yang Sering Timbulkan Cekcok dalam Rumah Tangga Menurut Konselor Pernikahan

Ada beberapa hal yang menimbulkan cekcok suami istri.

Waktu Tepat Cuci Handuk
Hiburan & Gaya Hidup
Waktu Tepat Cuci Handuk

Minimal seminggu sekali.

Semangat Generasi Muda, The Goods Dept. Berkolaborasi dengan Ripple Magazine
Fashion
Semangat Generasi Muda, The Goods Dept. Berkolaborasi dengan Ripple Magazine

Merupakan sebuah bentuk penghargaan kepada era kejayaan majalah independen Ripple.

Stray Rats x New Balance Rilis Seri 991
Fashion
Stray Rats x New Balance Rilis Seri 991

Mengombinasikan beberapa warna yang familier.

Lagu 'Yours' Jin BTS Melibas Tangga Lagu iTunes dalam Hitungan Jam
ShowBiz
Lagu 'Yours' Jin BTS Melibas Tangga Lagu iTunes dalam Hitungan Jam

Lagu Yours dari Jin BTS puncaki tangga lagu iTunes di 82 negara dalam hitungan jam.

Yang Berubah dalam New York Fashion Week pada Masa Pandemi Ini
Fashion
Yang Berubah dalam New York Fashion Week pada Masa Pandemi Ini

Banyak desainer memilih film pendek atau tampilan kreatif lain sebagai pengganti peragaan busana secara langsung.

8 Game akan Dipertandingkan untuk Cabang Esports di SEA Games 2021
Fun
8 Game akan Dipertandingkan untuk Cabang Esports di SEA Games 2021

Esports akan kembali dan meramaikan SEA Games 2021 di Vietnam.