Headline

Goyang Kursi Ketua MUI, PAN: Masih Banyak Ulama Mampu Gantikan Ma'ruf Amin

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 19 September 2018
Goyang Kursi Ketua MUI, PAN: Masih Banyak Ulama Mampu Gantikan Ma'ruf Amin
Calon presiden petahana Joko Widodo (kedua kiri) bergandengan tangan dengan calon wakil presiden Ma'ruf Amin (ketiga kanan) usai menyampaikan pidato politik di Gedung Joang 45, Jakarta, Jumat (10/8/20

Merahputih.com - Ketua DPP PAN, Yandri Susanto meminta Ma'ruf Amin mundur sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia karena sedang berkonsentrasi sebagai bakal calon wakil presiden. Ma'ruf dianggap tidak elok jika masih mempertahankan posisi di MUI.

"Selama ini posisi Ketua Umum MUI belum pernah terlibat dalam politik praktis atau politik secara langsung," kata Yandri di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara,, Rabu (19/9).

Menurut dia, usulan PAN itu berasal dari suara ulama dan masyarakat di bawah agar Ma'ruf melepaskan jabatannya di MUI. Pernyataan Ma'ruf yang tidak akan mundur sebagai Ketua Umum MUI sampai dilantik menjadi wapres itu tidak elok disampaikan ke publik.

Pernyataan itu, menurut Yandri, seolah-olah hanya Ma'ruf yang mampu menjalankan roda organisasi di MUI dan tidak ada yang lain.

Dia meyakini masih banyak ulama-ulama yang mampu menggantikan Ma'ruf untuk menjalankan organisasi MUI karena organisasi tersebut tidak hanya merepresentasikan satu ormas namun banyak ormas Islam di dalamnya.

"Saya yakin masih banyak ulama-ulama yang mampu menjalankan roda kegiatan MUI, seandainya Ma'ruf Amin mengundurkan diri sebagai Ketua Umum MUI," ujarnya.

Dia menilai jangan sampai MUI sebagai organisasi terseret-seret dalam politik praktis dan tidak tersandera kepentingan politik tertentu.

Di sisi lain menurut dia, MUI harus berjalan sebagiama biasanya yaitu tidak terganggu oleh dinamika masalah pemilu presiden.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Sosok Perangkul Seluruh Golongan di Indonesia

#Yandri Susanto #Ketua MUI #PAN #KH Ma'ruf Amin
Bagikan
Bagikan