Google Tutup Layanan Aplikasi YouTube Gaming Pada 30 Mei 2019 Google menutup layanan aplikasi Youtube Gaming (Foto: The Esports Observer)

GOOGLE telah mengonfirmasi akan menutup aplikasi standalone YouTube Gaming pada 30 Mei 2019. Meski sebelumnya sempat direncanakan untuk ditutup pada Maret 2019, Pihak YouTube ingin memfokuskan pengembangan pada satu satu aplikasi saja. Hal ini akan berimbas bagi para pengguna YouTube gaming mobile, yang akan kesulitan dengan tampilan baru yang akan dihadirkan oleh YouTube nantinya.

Untuk itu, Berikut hal-hal yang mungkin perlu kamu ketahui tentang penutupan aplikasi YouTube Gaming di bawah ini:

1. Kilas Balik YouTube Gaming

Google Tutup Layanan Aplikasi Youtube Gaming Pada 30 Mei 2019
Aplikasi YouTube Gaming meluncur tahun 2015 dan menyaingi Twitch pada masanya (foto: InsideGaming)

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 dan menyaingi popularitas pesaingnya yaitu Twitch, platform live streaming untuk para gamers.

Sebagaimana Youtube merupakan salah satu platform paling terkenal dan paling besar dalam konten gaming sebelum Twitch hadir. Sudah lebih dari 8 juta unduhan, Youtube Gaming akan menjadi satu dalam bagian aplikasi Youtube nantinya.

2. Penutupan Aplikasi Tidak Berdampak Besar

Google Tutup Layanan Aplikasi Youtube Gaming Pada 30 Mei 2019
Penutupan aplikasi YouTube Gaming dipastikan tidak berdampak besar (foto: Polygon)

Meski aplikasi akan ditarik secara resmi dari Playstore dan AppStore pada 30 Mei 2019. YouTube Gaming tetap ada pada bagian paling bawah aplikasi YouTube.

Jika dibuka melalui browser, kamu cukup menambahkan /gaming pada link website seperti www.youtube.com/gaming.

3. Permintaan dari pihak YouTube

Google Tutup Layanan Aplikasi Youtube Gaming Pada 30 Mei 2019
Permintaan penutupan aplikasi berasal dari pihak YouTube sendiri (foto: AndroidPolice)

Meski aplikasi YouTube Gaming cukup populer bagi para pengguna mobile. Pihak perusahaan YouTube menginginkan jika pengembangan berfokus pada satu aplikasi saja. Sehingga penutupan aplikasi YouTube gaming ini merupakan permintaan pihak YouTube sendiri. (riq)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH